oleh

FDW-PYR Komit Pangkas Birokrasi Berbelit, Wongkar: Jangan Susahkan Rakyat!

-Minsel-116 views

Amurang, Jurnal6
Program perubahan yang diusung bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Franky Donny Wongkar (FDW) – Petra Yanni Rembang (PYR), tak sekadar lips service. Draft perubahannya sudah siap, Sumber Daya Manusianya pun sudah disasar. Kini, tinggal menunggu amanat rakyat Minsel membawa keduanya menjadi “Nahkoda”.

Salah satu program perubahan FDW-PYR, yakni memangkas birokrasi pembuatan dokumen kependudukan. Menurut FDW, sapaan akrab Franky Wongkar, rakyat harus benar-benar mendapatkan layanan prima dari pemerintah saat pembuatan dokumen kependudukan.

“Salah satu contoh pembuatan KTP, Kartu Keluarga dan dokumen kependudukan lainnya. Kepengurusannya harus dipermudah. Seharusnya, paling jauh kepengurusannya hanya di Kantor Kecamatan. Setelah itu pegawai kecamatan yang mengurusnya hingga hingga ke Kantor Pencatatan Sipil dan Kependudukan kabupaten. Warga tidak harus bolak-balik ke Kantor Capil. Sayang kan kalau tempat tinggalnya jauh lalu dia harus bolak-balik hanya untuk mengurus KTP atau Kartu Keluarga. Berapa uang dan waktu yang harus mereka korbankan,” tandas FDW.

Keluhan ini, kata FDW, banyak kali disampaikan masyarakat saat dia turun ke pelosok desa. Sejumlah warga mengaku berat jika hanya untuk mengurus KTP mereka harus bolak-balik ke Kantor Capilduk.

“Kalau yang mengurus dokumen kependudukan itu adalah warga Tatapaan, Modoinding, Tompasobaru atau Motoling. Itu kan jauh. Berapa uang dan waktu yang harus mereka korbankan hanya untuk mengurus KTP. Jangan susahkan rakyat. Sebab, pemerintah itu ada untuk melayani masyarakat,” tandas FDW.

Untuk merealisasikan perubahan di bidang Capilduk, jelas FDW, butuh SDM yang mumpuni dan pemimpin yang peduli masyarakat. Tidak hanya itu, perubahan birokrasi dan pengawasan Top Elsekutif juga menjadi faktor penentu.

“Di sinilah fungsi pemimpin dibutuhkan untuk melakukan perubahan. Minsel harus berubah agar tujuan membawa rakyat Minsel menjadi warga yang maju, hebat, berdaya saing dan sejahtera akan segera terwujud,” pungkasnya.(jrl)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed