oleh

Koalisi Nasdem, Demokrat dan Perindo Bentuk Poros Tengah, Pilkada Minsel Kans Empat Pasang

-Minsel-53 views

Amurang, Jurnal6
Lobi politik tiga partai pemegang kursi di Dewan Kabupaten (Dekab) Minahasa Selatan (Minsel) menghasilkan kesepakatan baru. Dengan modal 9 kursi di DPRD, tiga partai politik (parpol) itu sepakat membentuk koalisi Poros Tengah untuk menghadapi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Minsel 9 Desember 2020. Ketiga parpol itu yakni, Nasdem, Demokrat dan Perindo.

Pertemuan digelar pada Rabu (8/7/2020) di Restoran Siera, kawasan Jalan Boulevard, Teluk Amurang. Tampak dalam pertemuan itu, Ketua DPC Demokrat Minsel, Royke Kaloh, Sekretaris Demokrat Andries Rumondor, Sekretaris DPD Partai Nasdem Minsel Ivan Rumokoy, Wakil Ketua Partai Nasdem Minsel Michael Sengkey, Bendahara Partai Nasdem Minsel Lady Langi, Wakil Ketua DPD Partai Perindo Minsel Meyvo Rumengan, Wakil Ketua Partai Nasdem Jack Kumaat dan Wakil Ketua Partai Nasdem Minsel Theo Kusoy.

Romukoy yang mewakili koalisi, usai rapat tertutup itu ketika dikonfirmasi, membenarkan pertemuan tersebut.

“Iya. Tadi kami sudah melaksanakan pertemuan. Dalam rapat itu terjadi komunikasi politik yang baik dan kami sepakat membentuk Poros Tengah dengan koalisi tiga partai. Kami yang telah membuat kesepakatan Poros Tengah terdiri dari Partai Nasdem, Partai Demokrat dan Partai Perindo,” ungkap Rumokoy dan diaminkan semua anggota koalisi partai.

Usai terbentuk, kata Rumokoy, mereka akan menetapkan bakal Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati untuk masuk bursa Pilkada Minsel.

“Langkah selanjutnya, kami akan menggodok calon yang akan diusung. Soal figur, sudah kami bicarakan, namun belum ditetapkan. Masih ada tahapan yang harus dilewati sebelum koalisi Poros Tengah menentukan siapa calon yang akan kami usung,” tandas Rumokoy.

Hal yang sama juga disampaikan Royke Kaloh, Ketua DPC Demokrat Minsel.

“Pasangan calon yang akan kami usung nanti adalah hasil kesepakatan koalisi tiga partai. Yang pasti, kriteria calon yang akan kami usung nanti punya elektabilitas bagus,” jelas Kaloh.

Dijelaskan Kaloh, penentuan Cabup/cawabup Minsel yang akan diusung koalisi Poros Tengah akan diumumkan dalam bulan ini.

“Batas waktunya hanya bulan ini sudah harus ada nama pasangan cabup/cawabup. Mudah-mudahan semua berjalan baik sesuai jadwal yang direncanakan,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPD Perindo Minsel, Meyvo Rumengan mengatakan, koalisi Poros Tengah cukup kuat untuk ikut bertarung di Pilkada Minsel.

“Koalisi Poros Tengah punya sembilan kursi di DPRD Minsel. Mudah-mudahan akan menjadi sepuluh kursi. Kekuatan besar yang diciptakan Poros Tengah ini akan memuluskan pasangan yang akan kami usung untuk merebut kursi Nomor Satu di Pemerintahan Kabupaten Minsel,” pungkas Rumengan.(rul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed