oleh

Rapid Test 6 ABK Kapal Penumpang Manado-Sangihe, Reaktif

Sangihe, Jurnal6
Dengan adanya 3 pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19, Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penaganan Covid-19, Kamis (11/6/2020) melakukan rapid test kepada para ABK salah satu kapal penumpang. Dalam rapid test yang dilakukan itu, hasilnya sangat mengejutkan.

“Ada sebanyak 27 orang rekan kerja pasien 04, 05 dan 06 yang di-rapidtest dengan hasil 6 orang reaktif,” kata dr Yopi Tungari, Kadis Kesehatan yang juga selaku Juru Bicara (Jubir) Covid-19.

Untuk menyikapi adanya kontak erat tersebut dengan hasil 6 reaktif, Satgas Hubungan Laut melakukan pembicaraan dengan pihak kapal yang rencananya akan berangkat malam ini bersama penumpang.

“Dimana dari hasil pembicaraan itu disepakati, kapal berangkat ke Manado malam ini tanpa penumpang. Seluruh ABK baik yang non reaktif dan reaktif akan diisolasi di Manado,” jelasnya.

Pihaknya juga lanjut Tungari telah berkoordinasi dengan Gugus TugasKota Manado khususnya Kadis Kesehatan Kota Manado.

“Mereka juga siap melakukan penjemputan esok pagi di pelabuhan Manado dan menindak lanjuti sesuai protap yang ada. Juga perlu diketahui, semua penumpang yang telah membeli tiket oleh pihak kapal akan dikembalikan,” ucapnya.

Ditambahkan Tungari, didalam memulai tatanan kehidupan baru atau new normal di tengah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Pemerintah Daerah Kabupaten Sangihe melalui Tim gugus Percepatan Penanganan Covid-19, melakukan rapid test di pusat pasar tradisional Towo’e.

”Jadi hari ini juga (Kamis,red) dilakukan rapid test bagi pedagangyang beraktifitas di pasar Towo’e. Sebenarnya untuk pengambilan sampel targetnya 50 orang pedagang namun yang terealisasi hanya 39 orang. Dan dari hasil rapid test yang dilakukan ini 39 pedagang semuanya non reaktif,” pungkasnya. (Ady)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed