oleh

CEP Turun Tangan, Jaclyn Koloay Tuai Simpati, Kisruh Desa Ongkaw Tiga ‘Berbuah’ BLT DD

-Minsel-7 views

Amurang, Jurnal6
Kisruh antara warga yang tidak menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Ongkaw Tiga, Kecamatan Sinonsayang, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), berakhir. Itu setelah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel menyetujui pemberian BLT Dana Desa (DD) kepada puluhan kepala keluarga yang telah berjuang untuk mendapatkan dana tersebut. Pernyataan persetujuan pengalokasian anggaran dikatakan langsung Bupati Minsel, Christiany Eugenia Paruntu (CEP) usai peninjauan di Desa Ongkaw Tiga, Rabu (10/6/2020).

Kisruh ini muncul ketika puluhan keluarga mengadu ke DPRD Minsel, pekan lalu. Keluhan itu ditindaklanjuti dengan aksi turun lapangan anggota DPRD di Kantor Hukum Tua Desa Ongkaw Tiga.

Di lokasi, Kumtua Desa Ongkaw Tiga sempat ‘didamprat’ anggota DPRD Jaclyn Koloay. Pasalnya, Kumtua beralasan, penentuan 65 KK warga yang mendapatkan BLT DD, sudah sesuai aturan.

“Kenapa di desa lain, penerima bantuan bisa sampai 100 KK lebih. Kenapa di sini hanya 65. Apakah sudah tidak bisa lagi ditambah,” tanya Koloay.

“Tidak bisa,” jawab Evan Tumanken, penjabat Kumtua Desa Ongkaw Tiga.

Jawaban Tumanken memancing protes keras Ketua Fraksi Primanas DPRD Minsel itu.

“Apa semua orang miskin di sini yang butuh bantuan, apa sudah ada semua? Coba turun ke desa lain. Jumlah penerimanya mencapai ratusan. Di desa lain, 700 juta boleh 100 orang. Kenapa di sini 700 juta cuma 65 orang,” sembur Koloay dengan suara keras.

Belasan warga yang ikut mengantar para anggota DPRD itu memberikan support kepada Koloay dengan aplaus.

“Ini benar-benar anggota DPRD yang peduli masyarakat. Kami dukung perjuangan ibu Jaclyn memperjuangkan keadilan di desa kami. Terima kasih ibu Jaclyn,” ucap belasan warga Ongkaw Tiga.

Desakan keras anggota DPRD memaksa Pemdes Ongkaw Tiga menganggarkan BLT DD kepada warga terdampak Covid-19 ini pun berkembang hingga ke media sosial. Warga yang pro dan kontra saling serang di media sosial.

Namun, kisruh ini berakhir setelah Bupati Minsel, Christiany Paruntu turun tangan. 

Dalam realese-nya, CEP menjelaskan bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Desa Nomor 06 Tahun 2020, Desa dapat menganggarkan BLT DD melebihi kuota setelah mendapatkan persetujuan Pemerintah Kabupaten.  Maka pada Rabu 10 Juni 2020, CEP melakukan peninjauan penerima BLT DD di Desa Ongkaw Tiga.

Didampingi Camat Sinonsayang, Jhon Laoh, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Altin Sualang dan Kabag Humpro Ysis Mangindaan, CEP menyusuri gang desa tersebut. Pada kunjungan itu, CEP berpesan agar Pemerintah Desa dan BPD lebih peka dalam melakukan Musdes khususnya terhadap masyarakat yang layak menerima bantuan.(rul mantik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed