oleh

Beli Meja Kecil Seharga Rp80 Juta per Buah, Kabag Perlengkapan Setdakab Minsel Disorot

-Minsel-10 views

Amurang, Jurnal6
Dugaan pemborosan di bagian umum dan perlengkapan Sekretariat Daerah Pemkab Minahasa Selatan (Minsel), mencuat. Itu terungkap saat evaluasi Laporan Keterangan Pertanggungan Jawab (LKPJ) Kepala Daerah antara Pantia Khusus (Pansus) dan Bagian Umum Perlengkapan. Terungkap dalam pembahasan itu, ada pengadaan meja ukuran kecil dengan harga Rp80 juta.

Fakta mengejutkan itu memantik tanya semua anggota Pansus.

“Penggunaan anggaran pengadaan sebasar Rp5.505.795.000, dan untuk meubelir Rp3,8 miliar. Di sana ada belanja meja kecil Rp80 juta. Apakah itu ibu yang usulkan?” tanya Verke Pomantouw, anggota Pansus kepada Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Minsel, Ifke Solambela.

“Iya, saya yang usulkan. Itu meja untuk tempat tandatangan,” aku Solambela.

Kekagetan terlihat di wajah semua anggota Pansus, yakni, Franky Lelengboto, Stefanus Lumowa, Andries Rumondor, Jaclyn Koloay, Meyvi Karuh dan Robby Sangkoy.

“Meja seperti apa itu bu? Mudah-mudahan harga meja itu setara dengan kualitas dan bahannya,” kata Andries Rumondor.

Tidak hanya itu, namun beberapa item pengadaan di Bagian Umum dan Perlengkapan, terdengar fantastis dan mencurigakan. Pasalnya, harga dan manfaat, serta kualitasnya diragukan.

Robby Sangkoy, Sekretaris Pansus pun angkat suara.

“Jangan sampai nama bupati yang tercoreng, sedangkan yang adakan ibu Kabag (Ifke Solambela, red). Tolong jangan sampai kondisi ini terulang lagi,” tegas Rosa, sapaan akrabnya.

Soal pengadaan lampu hias berbanderol Rp450 juta pun ikut dia sorot.

“Saya khawatir, ibu Bupati nda suruh, tapi ini ibu (Ifke, red) pe mau. Contohnya lampu pohon,” imbuh Rosa.

Disinyalir, pengadan meja kecil untuk tempat penandatanganan itu, bukan hanya satu buah, namun lebih dari satu. Itu berarti ada sekira Rp180 juta uang negara yang dibelanjakan hanya untuk meja ukuran kecil itu.(rul mantik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed