Perindo Minsel Desak Dinas PMD Instruksikan Penganggaran BLT di Semua Desa

0
323

Amurang, Jurnal6
Masa penyebaran wabah Covid-19 yang berkepanjangan, membuat lumpuh pendapatan sebagian besar masyarakat. Akibatnya daya beli terhadap bahan kebutuhan pokok melemah. Kondisi ini terjadi di hampir seluruh Nusantara, tak terkecuali di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Wakil Ketua DPD Perindo Minsel, Meyvo Rumengan mengatakan, pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat saat pandemi Covid-19, harus diperhatikan oleh pemerintah. Salah satu cara adalah menganggarkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) melalui Dana Desa (Dandes). Itu supaya tidak ada warga yang kekurangan makanan.

“Instruksi Menteri Desa sudah ada. Ada juga anjuran presiden. Jadi, dengan alasan apa para pemangku jabatan Hukum Tua (Kumtua) tidak menganggarkan BLT melalui APBDes? Kalau desa di kabupaten lain bisa, Minsel juga pasti bisa,” tandas suami dari Ketua Fraksi Primanas di DPRD Minsel, Jaclyn Koloay, Kamis (14/5/2020).

Agar semua desa mau menganggarkan BLT, dia mendesak Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Minsel untuk meluaskan atau memberi instruksi kepada semua Kumtua untuk menganggarkan dana tersebut.

“Saya yakin, kalau Dinas PMD memberikan instruksi kepada semua Kumtua untuk menganggarkan BLT, itu pasti akan terlakasana. Ingat, dalam kondisi seperti sekarang, asas keselamatan masyarakat lebih penting dibandingkan pembangunan jalan lorong atau drainase atau Bimtek,” papar Rumengan.

Dikatakannya pula, dia menerima informasi bahwa ada sebagian kecil desa yang telah menganggarkan BLT. Namun, hingga saat ini dana tersebut belum disalurkan.(jrl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here