oleh

Gandeng Media Massa, Bawaslu Sulut Sosialisasi Tugas dan Kewenangan Pengawas Pemilu AD HOC

Jurnal6 Manado – Menghadapi  tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Gubernur Bupati/Walikota yang akan berlangsung 23 September 2020, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulut menggelar sosialisasi terkait tugas dan kewenangan pengawas Pemilu Ad Hoc bersama puluhan awak media yang berlangsung di Sutan Raja Hotel Maumbi Minahasa Utara,  Sabtu (29/2-2020)

Ketua Bawaslu Sulut Herwin Malonda SH yang membuka kegiatan tersebut sekaligus memberikan pemaparan tentang pentingnya peningkatan kualitas  personil Panitia Pengawas Ad Hoc dalam menjalankan fungsi pengawasan.

“Badan Pengawas Ad Hoc pada Pemilu 2019 maupun yang baru pertama melaksanakan tugas perlu ditingkatkan pemahaman lewat pelatihan dan bimbingan teknis (bimtek) yang nantinya dilakukan  Bawaslu Kabupaten/Kota kepada para personil kami di tingkat  Kecamatan sampai tingkat Kelurahan/Desa, “ jelas Malonda.

Rekrutmen Panwas Ad Hoc menurutnya  menjadi langkah penting karena proses ini akan menentukan kualitas kerja Pilkada Serentak 2020.

“Jika yang terpilih sudah memiliki pemahaman dan integritas yang baik, hal itu akan sangat membantu pelaksanaan tugas-tugas pengawasan,” tandasnya.

Nantinya dalam perekrutan Pengawas Ad Hoc tingkat kelurahan/Desa yang terpilih  akan dibekali Bimbingan Teknis (Bimtek)  minimal dua kali untuk memastikan pengawas Ad Hoc benar-benar memahami tugas, wewenang, dan kewajibannya sebagai bekal dalam melaksanakan tugas.

Meski demikian dirinya ikut memberi apresiasi kepada  seluruh personil Bawaslu baik tingkat Kabupaten ,Kecamatan hingga Kelurahan/Desa  yang telah bertugas pada Pemilu Legislatif maupun Pilpres 2019 sehingga pelaksanaan pemilu serentak berlangsung sukses.

Disisi lain Supriyadi Pangellu divisi hukum, humas dan Datin Bawaslu Sulut memastikan akan menggandeng medias massa dalam melakukan sosialisasi untuk menyampaikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat  terkait  program terutama pengawasan dalam  tahapan pilkada serentak di Sulut. (stem)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed