oleh

AKD di DPRD Minsel Kans Segera Ditetapkan, Fungsi Penuh DPRD Mulai Jalan

-Minsel-50 views

Amurang, Jurnal6
Tarik ulur fraksi soal pembentukan dan penetapan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), segera berakhir. Sejumlah petinggi fraksi dan pimpinan DPRD dikabarkan sudah melaksanakan pertemuan. Kesepakatannya, AKD akan segera ditetapkan dengan formasi yang telah disepakati.

Langkah ini diambil untuk memuluskan semua fungsi dewan di DPRD Minsel yang selama ini ‘terpasung’. Sejumlah Rapat Paripurna DPRD harus gagal karena belum ditetapkannya AKD dan tidak adanya AKD untuk membahasnya. Salah satunya adalah Rapat Paripurna untuk membahas APBD Minsel 2020.

Namun, pertemuan tingkat tinggi yang dikabarkan telah dilakukan para pengambil kebijakan itu, merubah konstelasi konsetrasi kekuatan politik di DPRD Minsel. Semua fraksi dikabarkan telah bersatu untuk memperjuangkan kepentingan rakyat Minsel. “Dengar-dengar sudah ada pertemuan pimpinan DPRD dan Ketua-ketua Fraksi di DPRD Minsel. Intinya membicarakan soal AKD. Di dalamnya ada kesepakatan strategis untuk menetapkan AKD,” aku salah satu anggota DPRD Minsel yang meminta namanya tidak dipublikasikan.

Menurut informasi itu lagi, jika tidak ada aral melintang, Rapat Paripurna Penetapan AKD akan berlangsung pada Kamis (23/1/2020) hari ini. Namun, sebelumnya akan melalui rapat pimpinan DPRD. “Mungkin hari ini atau besok, Rapat Paripurna sudah dilaksanakan,” katanya.

Apabila kesepakatan ini terealisasi dan AKD ditetapkan, sejumlah rapat paripurna yang tertunda dan yang terancam gagal, akan segera berlangsung. Itu di antaranya Rapat Paripurna Tutup Buka, Rapat Paripurna APBD dan Rapat Paripurna Istimewa Hari Ulang Tahun (HUT) ke-17 Kabupaten Minsel.

Hingga berita ini diturunkan, sejumlah ketua fraksi di DPRD Minsel, ketika dikonfirmasi soal informasi itu, balum mau memberikan keterangan lebih.(rul mantik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed