Buka Kegiatan Rakor BK Se-Sulut, Angouw Ingatkan Anggota DPRD Jaga Sikap dan Prilaku

0
195

Jurnal6 Manado – Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw Selasa  (19/9-2019) membuka kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Badan Kehormatan DPRD yang diikuti seluruh pimpinan dan anggota Badan Kehormatan Kabupaten/Kota se Sulut.

Dalam sambutannya Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw mengingatkan soal perilaku dan etika setiap anggota DPRD yang diatur dalam tata tertib dan kode etik Badan Kehormatan anggota DPRD yang membatasi wewenang seorang anggota legislative.

“ Anggota DPRD janganlah  bersikap seperti kepala daerah, Jangan DPRD rasa Wali Kota, Bupati atau Gubernur,” kata Politisi PDI Perjuangan Ia bahkan memberi sebuah ilustrasi  seperti “Jangan Pramuka rasa Kopasus, “ujarnya

“Anggota DPRD harus tahu mana yang bisa dilakukan dan mana yang tidak bisa dilakukan.Salah satu alat untuk membantu DPRD bisa tahu mana yang bisa dan tidak yakni kode Etik, Kode etik ini aturan menjaga perilaku dari anggota, memperjelas tupoksi tanggung jawab DPRD,” tambah Angouw.

Sementara itu ketua Badan Kehormatan DPRD Sulu Sandra Rondonuwu yang menginisisi kegiatan tersebut mengatakan tujuan dilaksanakan Rakor BadanKehormatan se Kabupaten/Kota ini agar kitamempunyai pemahaman bersama tentang apa yang menjadi tugas dan kinerja Badan Kehormatan dalam arian bahwa kami ingin mendorong BadanKehormatan baik itu PropinsimaupunKabupaten/Kota  menggunakansecara maksimaltugas  dan tanggung jawab yang dipercayakan.

“Khusus kami di Badan Kehormatan DPRD Propinsi  akan segera menyusun kode etik untuk DPRD Sulut Diharapkan juga bagi kabupaten/kota dapat mengikutinya,” ujar Saron sapaan akrabnya.

Rapat koordinasi tersebut turut menghadirkan pemateri yakni pakar Hukum Toar Palilingan, SH dan Pastor Yong Oientimur. (stem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here