Jajaki Peluang Kerjasama, Kumaat Hadiri Pertemuan Rektor di Jepang

Manado178 views

REKTOR universitas Sam Ratulangi, Prof DR Ir Ellen Joan Kumaat, MSc DEA menghadiri pertemuan atau konferensi para rektor perguruan tinggi Indonesia dan Jepang bertempat di Hiroshima University, sekaligus melakukan penjajakan kerja sama dengan sejumlah kampus di Negeri Sakura itu.


“Pertemuan rektor yang mengangkat tema ‘Collaboration in Research and Education for Sustainable and Peaceful Society’ ini, bertujuan untuk mempererat kemungkinan peluang kerjasama di bidang penelitian, pendidikan, keilmuan dari berbagai disiplin ilmu,” kata Kumaat.
Dia menambahkan, pertemuan “The 5th Japan-Indonesia Rector Conference” yang berlangsung dari 10-11 Oktober 2019 di Hiroshima University diikuti 80 rektor dari sejumlah perguruan tinggi di Indonesia dan 80 rektor yang ada di perguruan tinggi di Jepang.
Pertemuan tersebut dibagi dalam beberapa diskusi kelompok dan digelar sesi saling mengunjungi memperkenalkan kampus masing- masing. Sejumlah 70 perwakilan dari universitas Jepang dan 82 perwakilan dari universitas di Indonesia hadir. Peserta konferensi adalah Rektor dan Wakil Rektor yang membahas secara mendalam tiga topik penting yakni kolaborasi pendidikan, kolaborasi penelitian, dan kolaborasi triple helix dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan.

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Dikti Ismunandar menyampaikan sambutan yang kuat tentang potensi Indonesia untuk menjadi negara dengan ekonomi ke-empat terbesar pada 2030. Untuk menjadikan prediksi ini menjadi kenyataan dibutuhkan usaha yang besar dalam memacu perkembangan inovasi di lingkungan perguruan tinggi. Salah satu usaha yang dibutuhkan adalah bekerja sama dengan universitas mitra yang bereputasi internasional.
Mantan Perdana Menteri Jepang Yasuo Fukuda yang sekarang menjadi Ketua Asosiasi Jepang Indonesia dalam sambutannya menyampaikan, Indonesia adalah salah satu mitra paling strategis yang dimiliki Jepang.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *