oleh

Pantau Sistem Zonasi Penerimaan Siswa Baru, Stefanus Liow Sambangi Disdikpora Minsel

-Sangihe-61 views

Amurang, Jurnal6
Penerimaan siswa baru di semua tingkatan sekolah sudah selesai. Namun polemik soal sistem zonasi masih jadi pembicaraan. Diharapkan, penerimaan tahun depan tak lagi menimbulkan masalah.

Mengantisipasi potensi kegaduhan akibat zonasi di masa mendatang, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI), Stefanus Liow, turun lapangan. Kamis (25/7/2019), Liow menyambangi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olagraga (Disdikpora) Minsel. Kedatangannya disambut Kepala Disdikpora, Fietber Raco.

Diakui Liow, kedatangannya di Minsel masih terkait penanganan sistem zonasi penerimaan siswa baru. “Saya datang ke sini (Diadikpora, red) terkait pelaksanaan penerimaan siswa baru sistem zonasi,” aku Liow.

Menurut dia, dari hasil kunjungan kerja ke beberapa daerah, Minsel memiliki karakter berbeda dengan daerah lain dalam sistem zonasi. “Kalau di daerah lain terjadi banyak protes karena sistem zonasi. Namun, di Minsel sebagian besar aman-aman saja,” aku Liow.

‘Tenangnya’ penerimaan siswa baru dengan sistem zonasi di Minsel, kata dia, disebabkan banyaknya jumlah sekolah yang disediakan pemerintah maupun swasta. “Jumlah penduduk dan ketersediaan sekolah di Minsel, cukup. Contohnya, hampir semua desa dan kelurahan di Minsel terdapat sekolah dasar. Malah ada yang sampai dua sekolah,” terangnya.

Demikian juga dengan Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SMP), ketersediaannya cukup. “Dari 17 kecamatan di Minsel, ada 80 lebih SMP. Jadi, dilihat dari jumlah penduduk dan jumlah sekolah di Minsel, tidak ada masalah,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Disdikpora Minsel, Fietbwr Raco pun memuji Liow. Menurut dia, sangat jarang seorang senator turun ke masyarakat untuk melihat dari dekat perkembangan pendidikan. “Jadi, menurut saya, pak Liow benar-benar merakyat dan benar-benar peduli dengan pendidikan,” katanya.(rul mantik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed