Mahasiswa Unsrat Promosi Produk Wirausaha

0
168

MANADO, JURNAL6 – Bersama Indonesia Marketing Association (IMA) Chapter Manado , Unsrat mengambil bagian dalam kegiatan Manado High Street Market ke 3, di atrium Manado Town Square, Manado yang dimulai, Rabu (1/5) hingga 5 Mei mendatang. Berbagai inovasi produk kewirausahaan mahasiswa di tampilkan dalam ajang ini yang juga diikuti oleh sejumlah perguruan tinggi lainnya di Sulawesi Utara.

Rektor Unsrat, Prof DR IR Ellen Joan Kumaat MSc DEA, saat membuka secara resmi kegiatan ini mengungkapkan rasa bangganya jika kegiatan seperti ini sejak awal terus memperlihatkan kemajuan dengan makin banyaknya antusias peserta. “Dari tahun pertama hingga tahun ke tiga, Manado High Street Market terus mengalami perkembangan. Jumlah peserta yang kian meningkat juga hasil-hasil inovasi produk wirausaha kian beragam, mulai dari kuliner, souvenir hingga peralatan rumah tangga,” tuturnya.

Kumaat berharap dengan adanya kegiatan ini, Unsrat lebih khususnya bisa memberikan wadah atau sarana untuk mahasiswa yang notabene adalah calon pengusaha muda masa depan untuk belajar dan mempersiapkan diri dengan kondisi pasar yang ada untuk kemudian siap terjun ke masyarakat bahkan bisa menciptakan lapangan kerja mandiri. “Menjadi backbone atau tulang punggung perekonomian daerah, para wirausaha muda diharapkan bisa terus berkiprah dan mendorong percepatan pembangunan untuk kesejahteraan bersama,” tambahnya.

Rektorpun berpesan, untuk menjadi seorang pengusaha inovatif, seseorang harus memiliki sifat dan karakter seperti yakin (percaya diri dan berani gagal), kreatif-inovatif (memahami keinginan pasar, berbasis IPTEK, dan mengedepankan inovasi), serta terencana (memiliki rencana bisnis).Inovasi itu bukan hanya sekadar menciptakan produk, barang, atau jasa baru, tetapi lebih dari itu. “Inovasi adalah keberhasilan secara sosial dan ekonomi karena diperkenalkannya cara baru atau kombinasi baru dari cara lama dalam mengubah input menjadi output sedemikian rupa sehingga menghasilkan perubahan besar pada manfaat yang dirasakan oleh konsumen. Teruslah berinovasi dan pastinya Unsrat akan selalu mendukung serta memberi wadah bagi mahasiswa untuk berinovasi,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Kumaat yang didampingi presiden IMA Chapter Manado Rudini Wijaya, berkeliling ke tenant-tenat mahasiswa untuk melihat secara langsung produk-produk yang dijual bahkan berkenan pula untuk membelinya. (lala)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here