Wakil Walikota Mor Bastiaan Hadiri Rakornas Kewaspadaan Nasional Pemilu Serentak Tahun 2019

Manado459 views

Manado, Jurnal6.com
Pemerintah pusat menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakorbas) Bidang Kewaspadaan Nasional. Rakirnas itu dalam rangka pemantapan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak Tahun 2019. Kegiatan dilaksanakan pada Selasa (12/02/2019) di Ballroom Sandeq Hotel Clario, Makassar Sulawesi Selatan.

Mewakili Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut, Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan mengikuti Rakornas yang digelar oleh Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Polpum) Kementerian Dalam Negeri.  Menko Polhukam Dr H Wiranto SH yang diwakili Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Polpum) Kemendagri, Soedarmo, membuka sekaligus memberikan arahan. Dia mengatakan bahwa kegiatan itu sebagai kegiatan finalisasi dari pemerintah.

“Pemilu waktunya sudah sangat dekat tinggal beberapa hari lagi, pertemuan hari ini adalah pertemuan terakhir bagi seluruh pemangku kepentingan. Guna memastikan kesiapan dari masing-masing stakeholder dan pemangku kepentingan yang terkait dengan penyelenggaraan pemilu serentak yang akan diselenggarakan pada tanggal 17 April yang akan datang,” katanya.

Pemilu sebelumnya pemerintah melaksanakan rakornas secara menyeluruh. Namun pada tahun ini, pelaksanaan rakornas dilakukan secara peregional, karena pemerintah ingin menyatukan, menyamakan persepsi dan menampung berbagai persoalan yang mungkin terjadi.

“Jadi intinya hari ini kita ingin mendengarkan dari masing-masing dari seluruh penyelenggara, khususnya bagi aparat keamanan, KPU juga pemangku kepentingan apa-apa saja yang akan menjadi kendala yang akan dihadapi nantinya,” tegas Soedarmo.
Sementara itu, DR. Akbar Ali MSi Direktur Kewaspadaan Kemendagri sekaligus ketua panitia penyelenggara Rakornas menyampaikan tujuan yang akan dicapai melalui rakornas ini. “Pemilu diharapkan berlangsung iklim demokrasi yang damai dan kondusif serta berkesinambungan. Terjalin sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah serta seluruh pihak terkait dalam menjalankan tugas,” jelas dia..

Dilanjutkan dengan Pemaparan Materi diskusi sesi pertama oleh Kemendagri dengan tema Fasilitas Pemerintah daerah dalam penyelenggaraan Pemilu 2019 oleh Disdukcapil DR Ir I Gede Surata, TNI dengan tema Peran TNI dalam mensukseskan Pemilu serentak 2019 oleh Aster TNI Mayjen. George Supit serta Materi dari Kepolisian RI dengan tema Potensi Kerawanan dari perspektif kepolisian dalam penyelenggaraan Pemilu 2019 oleh Asops Kapolri Brigjen Rudi Supriyadi. Sesi kedua pemaparan oleh BSSN Irjen Pol. Dharma Pongrekut dengan tema Potensi Ancaman Cyber dalam pemilu serentak, Ketua KPU-RI Ari Budiman, serta Ketua Bawaslu RI Abhan masing masing membawa materi tentang Kesiapan dalam menghadapi Pemilu 2019.

Hadir pula dalam kegiatan ini , para Gubernur se-Sulawesi, Bupati, Wali Kota, Kesbangpol Provinsi, Kabid Poldagri, Kabid Wasnas, unsur Forkopimda Provinsi dan Kabupaten/Kota beserta tamu undangan lainnya.(Lipsus/ONAl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *