Longsor Hantam Jalan Malola – Motoling

0
177

TNI dan Warga Gotong – royong Singkirkan Matrial


Amurang, Jurnal6
Longsor kembali menghantam wilayah Kecamatan Motoling. Curah hujan dengan intensitas tinggi, jadi penyebab. Belasan kendaraan pun sempat terjebak di lokasi itu pada Selasa (8/1/2019) kemarin.

Menurut warga, longsor terjadi sekira Pukul 23.00 Wita. “Sejak tengah malam. Banyak kendaraan yang terjebak longsor. Mereka tidak bisa lagi melewati jalan itu,” kata Rommy Liando, warga Malola.

Pihak Tentara Nasional Indonesia (TNI) pun tidak tinggal diam. Pelaksana harian Komandan Rayon Militer (Danramil) 1302-17/Motoling, Peltu Roy Sumakul, mengerahkan pasukannya. Anggota TNI dan warga setempat, bahu membahu membersihkan material yang menimbun jalan penghubung Desa Malola dan Desa Motoling.

Perintah karya bhakti itu dikeluarkan Sumakul sejak tengah malam. “Perhatikan para anggota Koramil, besok pagi kita akan bergabung dengan masyarakat untuk membersihkan material longsor yang telah menutupi ruas jalan yang ada di wilayah kita. Malam ini kita belum bisa membersihkannya karena hujan masih turun dengan deras, tidak menutup kemungkinan masih ada longsor susulan yang membahayakan keselamatan kita. Oleh karena itu besok pagi saya perintahkan kalian segera menuju lokasi,” kata Sumakul kepada anggotanya.

Upaya TNI dan warga Desa Malola, membuahkan hasil. Sekira 60 warga dan TNI, berhasil menyingkirkan longsor pada pukul 08.30 Wita. “Dengan menggunakan alat seadanya, kami mulai bekerja sejak Pukul 06.00. Dan, pada Pukul 08.30, matrial yang menutupi jalan sudah berhasil disingkirkan,” ungkap Sumakul.

Pantauan Jurnal6 di lapangan sebelum matrial longsor disingkirkan, kondisi jalan sangat memprihatinkan. Puluhan kubik tanah dan batu telah menutupi jalan. Bahkan, pohon enau besar yang ikut terbawa longsor, menutupi jalan tersebut. Alhasil, belasan kendaraan sempat terjebak di lokasi longsor.(csr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here