oleh

Polri ‘Buru’ Dalang Hoaks Tujuh Kontainer Surat Suara Dicoblos

Jakarta, J6
Fenomena penyebaran hoaks di Indonesia, makin menjadi. Sejumlah berita bohong ‘sukses’ disebar oknum tak bertanggungjawab. Kepolisian Republik Indonesia (Polri) pun ambil langkah tegas.Salah satunya adalah kasus hoaks tujuh kontainer surat suara tercoblos.

Dalang penyebar hoaks mulai diburu. Bukti awal seperti rekaman dan cuitan media sosial, jadi jembatan menuju aktor penyebar hoaks.Polri berjanji mengusut tuntas kasus tersebut. Semua yang terlibat dalam penyebaran hoaks tersebut akan ditindak.

“Siapapun (dalang atau aktor intelektual, red) di balik ini, kita akan proses hukum tegas,” ujar Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Mohammad Iqbal, di Rupatama Mabes Polri, seperti dikutip pada situs merdeka, Jumat (4/1) kemarin.

Dijelaskan Iqbal, penyidik Bareskrim Polri sudah mengantongi sejumlah barang bukti terkait kasus hoaks tersebut. Polisi juga telah menerima beberapa laporan masyarakat sebagai dasar penyelidikan. Salah satunya informasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Prinsipnya kita akan proses hukum ini, harus tegas. Sekali lagi saya katakan kita akan proses hukum,” tegas Iqbal.

Langkah lain yang dilakukan Polri, kata Iqbal, adalah patroli syber. Pasalnya, banyak jejak media sosial yang bisa menggiring petugas hingga ke dalang kabar hoaks yang cukup menghebohkan itu.

“Ternyata itu bukan saja sekedar hoaks, tapi itu fitnah, tidak benar sama sekali,” kata Iqbal.Polri bertekad mengusut tuntas kasus tersebut supaya tidak mengganggu pelaksanaan Pemilu 2019. “Tunggu saja, pada saatnya Polri akan menyampaikan hasil penyelidikan ini kepada publik,” pungkas Iqbal.(csr/mdk)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed