Minggu, 9 Tang Sen dari 7 Klenteng akan Meriahkan Prosesi Goan Siau Cap Go Meh di Kampung China Manado

Manado, Jurnal6.com

Setelah vakum selama 2 tahun berturut-turut karena pandemi Covid-19, umat Tri Dharma Kota Manado akan kembali menggelar prosesi upacara Goan Siau Cap Go Meh. Tradisi yang telah berlangsung selama ribuan tahun ini akan dilaksanakan pada Minggu (5/2/2023).

Prosesi Goan Siau Cap Go Meh akan dipusatkan di kawasan Kampung China, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara. Informasi diperoleh, 7 Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) di Kota Manado akan memeriahkan upacara Cap Go Meh, atau yang lebih dikenal warga Manado sebagai Tae Pekong.

Ketujuh TITD yang akan ikut upacara Cap Go Meh yakni, TITD Kwan Seng Ta Tie, TITD Tiong Tan Lie Goan Swee,  TITD Hok Tek Cin Sin, TITD Istana Agung Tua, TITD Thian Tan Kiong/Altar Agung, TITD Seng Kong Bio dan TITD Lo Cia Miao.

Dari 7 TITD yang akan ikut upacara Cap Go Meh, telah disiapkan 9 Tang Sen yang akan naik pada 9 Kio (usungan) pada pawai Cap Go Meh. Saat ini, ketujuh calon Tang Sen telah mempersiapkan diri sejak 2 pekan lalu.

“Biasanya, dalam mempersiapkan diri, Tang Sen akan melakukan puasa. Dia melaksanakan Cia Cai atau memakan hanya sayuran dan pantang makan makanan yang bernyawa seperti daging dan ikan,” kata Gabby Liando, umat TITD Kwan Seng Ta Tie.

Selain akan turun 9 Tang Sen, ada 5 kereta hias yang akan memeriahkan pawai Cap Go Meh. Kelima kereta hias ini berasal dari TITD Kwan Seng Ta Tie (3 kereta), TITD Altar Agung (1 kereta) dan TITD Thian Tan Kiong (1 kereta).

Dapat dipastikan, ribuan dan bahkan puluhan ribu warga Provinsi Sulawesi Utara dan bahkan dari daerah lain, akan datang ke kawasa  Kampung China. Tujuannya untuk menyaksikan prosesi upacara Cap Go Meh yang akan dimeriahkan oleh kendaraan hias dan atraksi para Tang Sen.

“Nda sabar lagi untuk menyaksikan prosesi upacara Cap Go Meh di Kampung China. Saya sangat tertarik dengan kegiatan perayaan Cap Go Meh,” aku Natalia Intan.(csr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *