Raih Penghargaan, Unsrat 10 Besar PT Pemohon Paten di Indonesia

Manado214 views

Manado, jurnal6.com

Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Prof Dr Ir Ellen J Kumaat MSc DEA yang terus mendorong jumlah paten dan paten sederhana membuahkan hasil yang menggembirakan.

Terobosan tahun 2019 mendirikan Pusat Hak Kekayaan Intelektual (HKI) menjadikan Unsrat berada di urutan lima perguruan tinggi pemohon paten dan paten sederhana terbanyak di Indonesia.

Upaya itu berbuah manis. Unsrat mendapatkan Piagam Penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham). Unsrat mendapatkan penghargaan karena mencapai jumlah Permohonan Paten Top 10 Tertinggi di Indonesia Tahun 2022 Kategori Perguruan Tinggi.

Penghargaan itu diserahkan Menkumham RI, Yasonna Laoly, Rabu 30 November 2022. Rektor Unsrat, Prof Dr Ir Ellen Kumaat mengatakan, Unsrat akan terus berupaya meningkatkan jumlah paten dan paten sederhana.

“Kita terus mendorong dosen, peneliti agar bisa mendapatkan paten. Pada tahun 2021, Unsrat menorehkan 420 usulan paten dan paten sederhana di tahun 2021, 33 di antaranya telah bersertifikat paten,” jelasnya.

Unsrat adalah pengusul paten hasil penelitian terbanyak di Sulawesi dan terbanyak di Indonesia timur. Bahkan, saat ini Unsrat di urutan lima perguruan tinggi dengan paten terbanyak di Indonesia. Unsrat mendekati UGM yang ada di nomor satu. Tahun ini, sudah ada sedikitnya 75 pengusulan paten dari Unsrat yang masuk Dirjen HKI.

Rektor mengungkapkan, Pusat HKI ada untuk memberi perlindungan bagi kekayaan intelektual akademisi Unsrat.

Pusat HKI bertujuan memfasilitasi dosen mendapat informasi terkait HKI dan membantu mendaftarkan hasil temuan penelitian untuk mendapat perlindungan Kekayaan Intelektual.

“Dengan begitu hasil riset tak bisa terbiarkan begitu saja. Harus mendapatkan perlindungan hukum,” pungkas rektor. (Lla*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *