oleh

Sambut HUT ke-77 RI, Lanal Tahuna Gelar Festival Perahu Hias dan Balap Pakura di Pelabuhan Petta

-Sangihe-208 views

Sangihe, jurnal6.com

Dalam merangka Menyambut serta memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 77, Pangkalan TNI AL (Lanal) Tahuna menggelar kegiatan pembinaan wilayah perbatasan laut (Binwiltasla) sekaligus kunjungan kerja Paban VI Wiltasla Spotmar TNI AL Kolonel Mar Didiet Hendra Wijaya MPM, di Pelabuhan Petta Kampung Petta Timur Kecamatan Tabukan Utara, Selasa (9/8/2022).

Adapun kegiatan Binwiltasla yang digelar diantaranya, Festival Perahu Hias, Fashion Show Perahu, Bazar Pasar Murah sera pemberian paket sembako. Kegiatan festival dibuka Paban VI Wiltasla Spotmar TNI AL Kolonel Mar Didiet ditandai dengan penembakan pistol suar.

Danlanal Tahuna Kolonel Laut (P) Sobarudin MTr Hanla menjelaskan, kegiatan Binwiltasla di wilayah kerja Lanal Tahuna ini untuk mewujudkan kekuatan kewilayahan matra laut yang bersumber dari segenap komponen masyarakat wilayah perbatasan berupa ruang alat dan kondisi juang yang tangguh dan berdaya guna.

“Serta tertata sistem logistik wilayah dan kekuatan masyarakat maritim sebagai kekuatan pengganda untuk mendukung pencapaian pelaksanaan tugas TNI AL, sekaligus sebagai upaya TNI AL dalam Binpotmar sehingga masyarakat mampu Mengelolah sumber daya alam yang dimiliki khususnya di bidang kemaritiman dengan baik dan benar sebagai upaya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat,” ujar Sobarudin.

Sementara itu, Paban VI Wiltasla Spotmar TNI AL Kolonel Mar Didiet dalam sambutannya mengatakan, Kedatangan dirinya ke Kabupaten Kepulauan Sangihe untuk mengecek evaluasi kinerja dari TNI angkatan Laut khususnya Lanal Tahuna yang bekerjasama dengan Forkopimda dan Aparat Teritorial setempat, agar benar-benar dirasakan oleh masyarakat pesisir khususnya bagaimana TNI AL bisa berperan untuk pembangunan.

“Dan telah dilakukan kegiatan Binwiltasla di Kampung Bahari Petta Timur tepatnya di Pelabuhan, dan dari hasil yang dilihat saya sangat puas dan ini akan saya bawa kepada pak Kasal. Kami akan laporkan sinergitas antara masyarakat dan TNI AL yang semuanya berjalan dengan begitu sempurna. Dan ini akan menjadi contoh bagi wilayah lain apalagi terkait kegiatan masyarakatnya,” pungkas Didiet.

Turut hadir, bersama Pabandya Potwiltasla PPKT Ban VI Wiltasla Spotmar TNI AL Letkol Laut (KH) Malik Nasron SPd MH, Asisten III Setkab Sangihe Dra Olga Makasidamo, Waka II DPRD Sangihe Michael Thungari, Danlanal Tahuna Kolonel Laut (P) Sobarudin MTr Hanla, Komedian Mongol, Kaban Perbatasan Daerah Sangihe Ferdinand Manumpil, Kadis Koperasi dan UMKM Sangihe Sonny Kapal, Perwira Lanal Tahuna dan Lanal Tahuna serta bintara dan tamtama Lanal Tahuna. (Ady)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed