Tamuntuan Hadiri acara Coconut Conservation Conferent di Balikpapan

Sangihe299 views

Sangihe, jurnal6.com

Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe dr Rinny Tamuntuan menghadiri acara coconut conservation conferenct di Novotel Balikpapan, Rabu (29/6/2022).

Acara tersebut juga di hadiri Bupati Tojo una una , Femy Luther, Bupati Kepualaun Meranti, H. Mohammar Adil, SH, Bupati Nagan Raya, H.M. Jamin Idham, SE, Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil SH, M.Kn, dan Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi.

Acara yang dibuka Guburnur Kaltim yang di wakili Kepala dinas Pertanian Kaltim sekaligus membaca sambutan Gubernur Kaltim. Dikatakannya, Convrensi coconut saat ini adalah yg baru pertma dibuat di indonesia, bertrmpat di kaltim (IKN) yg berhubungan dengan penetapan ibu kota negara.

“Dengan kata lain bisa menimbulkan rekomendasi, dari budaya, yg berhubungan dengan kelapa untuk mengembangkan comuditas,dan aspek budaya hrus di utamakan. Pembangunan perkembunan di kaltim 1 di antara strategi yg di terapkan adalah diversifikasi nol sawit yang di harapkan untuk memaksimalkan perkebunan kelapa,” katanya.

Kaltim, kata dia, diharapkan menjadi penyumbang untuk energi hijau berbasis sawit di IKN dan komunitas perkebunan.

Sementara itu sambutan Kementerian perencenaan pembangunan nasional Anang Noegroho Direktur Pangan dan Pertanian Bappenas mengatakan, Kelapa adalah salah satu komunitas unggulan perkebunan yang berperan penting dan strategis bagi projek dan perekonomian indonesia.

“Antara lain sebagai sumber pendapatan petani, terbukanya lapangan kerja, mendorong agro bisnis dan industri dalam negeri. Bisa dilihat bahwa tanaman kelapa bisa berproduksi sepanjang tahun untuk memenuhi kebutuhan pasar. Di indnesia, penghasil kelapa terbesar adalah riau, dan yg kedua sulut,”ucapnya.

Sementara itu Pj Bupati dr Rinny Tamuntuan sangat mengapresiasi kagiatan ini. Menurutnya, kagiatan ini sangatlah penting mengingat Kabupaten Kepulauan Sangihe mengingat salah satu daerah dengan komoditi andalan kelapa. “Kiranya dari pertemuan dan seminar ini, dapat memberi dampak positif bagi kabupaten Kepulauan Sangihe,” ujarnya. (Ady).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *