Penjabat Bupati Sangihe Hadiri Rakernas XIV APKASI Tahun 2022 di Bogor

Sangihe833 views

Sangihe, jurnal6.com

Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Sangihe dr Rinny Tamuntuan Menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XIV Tahun 2022 Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) di Hotel Pullman Vimala Ciawi, Kabupaten Bogor, yang dibuka secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri, Sabtu (18/6/2022).

Rakernas APKASI kali ini mengangkat tema”Dengan Semangat Kolaborasi, Kita Sukseskan KTT G20 untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional Yang Kuat dan Berkelanjutan.

APKASI merupakan wadah kerjasama Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia yang memiliki Konsep yang Jelas dan tujuan untuk membahas bersama, menyelesaikan berbagai kendala di daerah serta menyampaikan saran pertimbangan bahkan usul pada Presiden secara berjenjang.

Ketua Umum APKASI dalam laporannya menyampaikan bahwa salah satu tahun kepengurusan APKASI periode 2021-2026, mereka telah melaksanakan 34 kegiatan besar yang bersifat advokasi, penguatan kapasitas daerah, peningkatan ekonomi lokal dan kegiatan yang bersifat sosial.

“Untuk kegiatan yang bersifat advokasi kami telah melakukan rapat dengan pendapat umum dengan DPR RI dan DPR RI terkait dengan kebijakan umum keuangan daerah,” kata Ketua Umum APKASI.

“Kolaborasi antara APKASI dengan Kementerian Dalam Negeri berjalan sangat baik sekali dan harmonis. Tentu hal ini tidak terlepas dari peran dan arahan bapak Menteri yang menjadikan APKASI sebagai alat satu mitra diskusi dalam pengambilan kebijakan terkait dengan Pemerintahan Daerah. Untuk itu kami sangat berterima kasih kepada bapak yang telah memberikan perhatian khusus ada beberapa hal yang selalu menjadi permasalahan setiap kami turun di seluruh wilayah di Indonesia,” kata Ketua APKASI.

Saat ini yang menjadi Fokus Kepala-Kepala Daerah adalah Peraturan Pemerintah nomor 49 tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan perjanjian kerja terkait dengan Penghapusan Pegawai Honor.

“Kami mohon melalui Menteri Dalam Negeri untuk dapat meberikan masukkan kepada para Pejabat Tinggi terkait untuk ditunda supaya ini tidak menjadi masalah di Kabupaten yang ada di seluruh Indonesia,” ujarnya.

“Kami sangatlah berharap melalui usul saran dalam pertemuan APKASI dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di daerah dengan pemerintah pusat. kami di APKASI hadir untuk memberikan solusi dan juga saran supaya ini aturan-aturan tidak bertabrakan dan tidak menjadi permasalahan yang berkelanjutan di 416 daerah seluruh Indonesia,” imbuhnya.

Sementara itu, Menteri Dalam Begeri (Mendagri) Tito Karnavian menyampaikan apresiasi kepada Ketua APKASI yang juga merupakan Bupati Kabupaten Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan SE dan semua anggota lain yang telah menginisiasi acara rapat kerja nasional. Ini menunjukkan bahwa asosiasi ini memiliki konsep yang jelas dan terarah.Strong leaders (Pemimpin yang Tangguh) memiliki 3 hal : 1. Memiliki power (kekuasaan) tanpa kekuasaan enggak akan bisa menjadi kuat. 2. Memiliki follower memiliki pengikut. 3. Memiliki konsep.(Ady/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *