Sempat Tertunda Akibat Pandemi COVID-19, O2SN se-Sangihe Kembali Digelar

Sangihe760 views

Sangihe, jurnal6.com

Setelah sempat terunda akibat pandemic COVID 19, Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) di gelar di Kabupaten Kepulauan Sangihe untuk cabang olahraga Karate dan Silat.

O2SN tingkat Kabupaten menjadi wadah meningkatan minat bakat generasi muda utamanya siswa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dinas Dikbud) Daerah Kepulauan Sangihe Dra Aneke Daredas MPd ditemui diselah-selah pelaksanaan lomba mengatakan, pelaksanaan O2SN menjadi agenda rutin secara berjenjang tingkat Kabupaten Propinsi dan Nasional.

“Ya hari ini di mulai O2SN untuk Cabang Olahraga (Cabor) Karate dan besok Cabor Silat, ini sebetulnya agenda rutin namun sebelumnya terkendala dengan COVID-19 , syukur tahun ini dapat terlaksana,” kata Daredas.

Lanjut dikatakannya, siswa yang terpilih atau meraih prestasi terbaik akan terutus mewakili Kabupaten Sangihe pada iven tingkat Provinsi sebelum mewakili Sulawesi Utara di tingkat Nasional.

“Jadi Siswa yang juara akan mengikuti pelaksanaan O2SN tingkat Provinsi,” ujarnya.

Pelaksanaan tingkat Provinsi atlet yang juara akan mengirim video ke pusat prestasi nasional Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang akan melakukan penilaian.

Sementera itu, salah satu orang tua atlet Karate Erastus Tambanaung memberi apresiasi atas digelarnya O2SN.

“ Tentunya sebagai orang tua menyambut baik pelaksanaan kegiatan O2SN, ini menjadi wadah dalam mengasa kemampuan anak didik,” kata Tambanaung.

Lomba yang dilaksanakan di Pendopo Dinas Dikbud Kabupaten Sangihe berlangsung selama 2 hari dari 16 hingga 17 Juni 2022 sangat positif dalam rangka pengembangan talenta anak didik.

“Saya menyarankan agar pelaksanaan kegiatan seperti ini tidak saja melalui O2SN saja tetapi bakal ada iven olahraga tingkat Kabupaten secara periodic dan berkesinambungan di gelar di Sangihe,” ucapnya.

Pemenang dalam pelaksanaan O2SN untuk cabang Karate masing-masing tingkat Sekolah Dasar Putra Alfatin Nontah dan Putri Silia Lombongadate sedangkan Untuk Siswa SMP Putra Yeskri Markus dan Putri Blessy Tatali setelah berhasil mengalah lawan-lawannya hingga ke babak Final. (Ady)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *