Tamuntuan Hadiri FGD Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Sangihe1,050 views

Sangihe, jurnal6.com

Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe, dr Rinny Tamuntuan menghadiri Focus Group Discussion (FGD) tentang Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Daerah di Provinsi Sulawesi Utara.

FGD dilaksanakan oleh Bank Indonesia (BI) dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dengan Narasumber Kepala Badan Pusat Statistik Sulawesi Utara, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Utara dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara.

Kepala BPS Provinsi Sulawesi Utara sebagai Narasumber pertama menyajikan data-data tentang keadaan pertumbuhan Ekonomi Sulawesi Utara, dimana untuk tri wulan 1 tahun 2022 pertumbuhan ekonomi Sulut berada diangka 3,86. Goncangan Ekonomi di Sulut tidak segencar yg terjadi di tingkat nasional.

“Sulut beruntung karena punya komoditas pertanian unggulan yg tetap diekspor dan memiliki nilai eksport tertinggi di masa pemulihan Ekonomi.”kata Kepala BPS Provinsi Sulut.

Narasumber yang kedua Kepala Perwakilan BI Sulut menyampaikan pertanian memegang peranan penting dan perlu untuk terus didorong dalam peran mendorong pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Sulut sebagai Narasumber ketiga juga menambahkan bahwa Pemerintah Sulut untuk tahun 2022 mendapatkan penghargaan Abdi Bakti Tani karena kinerja eksport di bidang pertanian tumbuh sebesar 15,9 % dan mengekspor 55 komoditas baru.

Sementara itu, Pj Bupati Kepulauan Sangihe mengapresiasi dilaksanakannya FGD oleh BI dan Pemerintah Provinsi Utara ini.

Dikatakannya, bahwa dengan adanya FGD ini kami selaku Pemerintah Daerah dapat mengevaluasi perkembangan Ekonomi khususnya yang terjadi di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

“Kami perlu mendorong berbagai bidang untuk semakin bergerak dalam penguatan ekonomi rakyat, terlebih lagi dalam bidang Perikanan dan Pertanian. Harapannya nilai eksport Sangihe akan semakin ditingkatkan dan menjadi salah satu pendorong naiknya gerak Ekonomi Daerah”,ujarnya.

“Sangihe tidak kalah saing dalam hal potensi yang dimiliki daerah. Tinggal pengelolaannya yang akan lebih kita tingkatkan, sehingga akan bernilai tinggi dan mampu meningkatkan ekonomi daerah”, sambungnya.

Turut hadiri bersama Pj Bupati dalam acara FGD tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda, Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSPD, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta Kabag Ekonomi Setda Kabupaten Kepulauan Sangihe.(Ady)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *