oleh

Status Gunung Awu Naik Level, Pemda Sangihe Imbau Masyarakat Tidak Lakukan Aktivitas di Radius 3,5 KM

-Sangihe-93 views

Sangihe, jurnal6.com

Menindaklanjuti peningkatan status gunung api Awu dari level 2 waspada ke level 3 siaga, Pemerintah Daerah (Pemda) kepulauan Sangihe himbau masyarakat tidak melakukan aktivitas pada radius 3,5 km dari puncak Gunung Awu.

Himbauan tersebut disampaikan secara tertulis terutama bagi empat Kecamatan yang dinilai rawan berada di sekitar gunung api Awu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sangihe, Wandu CC Labesi ketika dikonfirmasi diruang kerjanya Rabu (18/5/2022) mengatakan, 4 Kecamatan yakni Kecamatan Tahuna Barat Kecamatan Kendahe, Kecamatan Tabukan Utara dan Kecamatan Tahuna harus memperhatikan himbauan itu tidak diperbolehkan ada aktivitas di radius 3,5 km demi mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Terkait dengan peningkatan status Gunung Awu yang oleh pos gunung awu sejak tanggal 11 Mei telah dinaikkan statusnya dari level 2 waspada ke level 3 siaga ini ada beberapa langkah yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah, yang pertama Pemerintah Daerah menyampaikan surat edaran kepada Camat ada empat camat yang menjadi sasaran edukasi ini yaitu Camat Tahuna, Camat Tahuna barat, Camat Tabukan utara dan Camat Kendahe. Dimana Pemerintah Daerah menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di 3,5 km di bawah puncak Gunung Awu, sehingga kita bisa meminimalisir jika sewaktu- waktu terjadi peningkatan status dan erupsi gunung Awu”, ungkap Labesi.

Selain mengharapkan kewaspadaan masayarakat, Pemda juga mengingatkan agar tidak mempercayai informasi yang belum jelas kebenarannya dan terus membangun koordinasi dan komunikasi antar lini.

“Dan harapan kami selaku pemerintah
masyarakat tidak panik dalam menghadapi situasi ini, masyarakat hanya menerima informasi dari pemerintah daerah melalui BPBD yang setiap saat kami akan membangun koordinasi komunikasi masyarakat terkait dengan aktivitas Gunung Awu di Kabupaten Sangihe”,ujarnya.

Ia menambahkan, jajaran Pemerintah ditingkat Kecamatan dan Kelurahan diharapkan tetap sigap menginformasikan perkembangan terkini di setiap wilayah. (Ady)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed