Me’Daseng di Desa Ulung Peliang Dihadiri Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri RI

Sangihe1,399 views

Sangihe, jurnal6.com

Salah satu program unggulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe di kepemimpinan Bupati Jabes Ezar Gaghana SE ME, yaitu Me’daseng mendapat pengakuan dan dukungan dari Kementerian Dalam Negeri melalu Dirjen Bina Pemerintahan Desa.

Hal ini dikatakan langsung oleh Direktur jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementrian dalam Negeri (Kemendagri) RI Yusharto Huntoyungo, saat turut serta di kegiatan Me’daseng yang digelar di Kecamatan Tamako, Kampung Ulung Peliang (Upel).

Dikatakanya, dengan masuknya Kabupaten Sangihe kedalam lokus program P3PD, maka kedepannya pemerintah dapat membuat kebijakan terkait peningkatan kapasitas dari perangkat desa dalam bersinergi dengan pengurus program Me’daseng.

“Saya berharap dengan Me’daseng ini dapat terciptanya kerjasama dan koordinasi yang baik antara unsur penyelenggara pemerintahan desa. Adanya sinergitas antara perangkat daerah dengan kelembagaan desa yang ada dalam program Me’daseng. Sinergitas ini, menjadi sangat penting dan merupakan prasyarat dalam mengelolah penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan di desa yang baik dan akuntabel,” jelas dia.

Sementara itu, di Me’daseng yang digelar selama dua hari ini, Bupati Jabes Gaghana dalam sambutannya mengatakan, bahwa program Kegiatan Me’daseng ini merupakan inovasi yang dilakukan Pemerintah Daerah guna menyerap aspirasi masyarakat dari wilayah Kecamatan Kelurahan dan Kampung sehingga ada evaluasi terhadap realisasi program kerja perangkat daerah dan penyesuaian kebutuhan masyarakat mengacu hasil Me’daseng.

“Me’daseng ini, digelar untuk mendengar langsung berbagai aspirasi dari masyarakat, agar pelayanan pemerintah terhadap masyarakat lebih maksimal,” kata Gaghana.

Gaghana juga menyampaikan terima kasih kepada Dirjen Bina Pemdes Kemendagri RI yang bisa datang mengikuti Me’daseng. Dimana menurutnya kehadiran dari Dirjen ini memberikan suasana yang sangat istimewa, karena dapat melihat secara langsung kondisi desa-desa yang ada di Kabupaten Sangihe.

“Kita sangat bersyukur di kecamatan Tamako, Bapak dirjen bisa langsung hadir untuk memberikan arahan, solusi maupun pesan-pesan kepada masyarakat yang ada di pemerintah kecamatan Tamako,” ujarnya

Hadir juga pada kegiatan Me’daseng, yaitu unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sangihe, Sekretaris daerah, seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerh (OPD) Camat Tamako, dan Tokoh-tokoh Masyarakat Tamako.(Ady)  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *