oleh

Bupati Gaghana Buka Kegiatan FGD IPKP di PKSN 2021

-Sangihe-105 views

Sangihe, jurnal6.com

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe menggelar kegiatan Fokus group discussion (FGD), Pengukuran Nilai Indeks Pengelolaan Kawasan Perbatasan (IPKP) perkembangan dan capaian pembangunan di Pusat Kegiatan Strategis Nasional (PKSN) tahun 2021.

Kegiatan yang digelar di Ruang Serbaguna Rumah Jabatan Bupati Sangihe ini dibuka langsung Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME dengan pelaksana kegiatan Badan Pengelolah Perbatasan Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Ketika membuka FGD, Bupati menyampaikan sebagai daerah perbatasan pengembangan, pembangunan dan pembangunan di kawasan perbatasan negara secara umum sudah menjejaki tahap yang lebih baik dari pada tahapan sebelumnya,namun belum menjadi prioritas utama.

“Meskipun berbagai regulasi yang mengatur tentang penataan ruang memberikan suatu perspektif baru dalam menata ruang nasional, dimana adanya integrasi antar ruang daratan, laut dan udara namun, Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki perbatasan-perbatasan negara,” kata Gaghana.

Hal ini tentunya lanjut dia, berlaku secara umum hampir di seluruh kawasan perbatasan di tanah air, dan secara jelas membawa konsekuensi dan pengaruh yang besar dalam pencapaian tujuan pengembangan kawasan perbatasan negara, menjawab kebutuhan pengembangan kawasan perbatasan negara yang masih menjadi sebuah pekerjaan yang harus diselesaikan bersama.

“Sehingga diperlukan kemajuan dan kerja keras melalui berbagai kebijakan atau treatmen perlakuan khusus, sehingga permasalahan PKSN yang ada di daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe dapat dibenahi. Dan paradigma baru yang menempatkan kawasan perbatasan sebagai beranda terdepan negara merupakan sebuah kebutuhan dan tuntutan mendasar yang memerlukan respon serta kearifan secara nyata dalam sinergitas seluruh stakeholder, Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Pusat,”pungkas Gaghana.

Turut hadir koordinator tim Drs Sriyanto M.Si selaku perencana ahli Madya pada asisten Deputi potensi kawasan Perbatadan Laut BNPP RI. (Ady)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed