oleh

BPBD Sangihe Imbau Masyarakat Waspada Potensi Banjir dan Tanah Longsor

-Sangihe-67 views

Sangihe, jurnal6.com
Intensitas curah hujan di Kabupaten Kepulauan Sangihe selang beberapa pekan terakhir mengharuskan kewaspadaan bersama

Hal itu dikatakan kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sangihe, Wandu C Labesi menyikapi fenomena alam yang terjadi saat ini.

STA GINOSKO

Menurut Labesi, sebagai daerah dengan karakteritis rawan bencana, terutama banjir dan tanah longsor maka diminta masyarakat harus waspada. Masyarakat yang tinggal di daerah yang rawan bencana di bantaran sungai maupun di tebing yang mudah longsor harus mencari tenpat yang aman saat curah hujan melebihi batas normal. 

Selain itu pengguna jalan yang melewati daerah rawan longsor pun harus berhati-hati agar terhindar dari bencana alam. 

“Jadi, terkait dengan cuaca ekstrim yang terjadi sampai saat ini terhadap fenomena alam, khususnya masyarakat yang tinggal di lereng-lereng gunung di bantaran sungai bahkan yang di pesisir pantai termasuk di dalam pengguna jalan yang hendak keluar kota atau masuk ke kota Tahuna, untuk sangat berhati-hati melihat situasi fenomena alam ini, sehingga kita bisa mencegah dampak yang kita tidak inginkan daripada cuaca ekstrim,” kata Labesi.  

Lanjutnya, selaku instansi teknis menyikapi fenomena alam yang terjadi tetap membangun kordinasi dan komunikasi agar setiap kejadian dapat diinformasikan sehingga mendapat penanganan.

“Karena memang sampai saat ini ada beberapa tempat yang terjadi longsor meterial longsor yang menutupi badan jalan, kemudian ada beberapa tempat terjadi banjir sehingga dihimbau kepada seluruh masyarakat termasuk Pemerintah kecamatan teman-teman Camat, Kapitalaung dan Lurah senantiasa memonitor di wilayah kerja masing-masing,” ujarnya. (Ady)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed