KPU Tetapkan Desa Mapanget Pilot Project Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan

Minut376 views

MINUT, JURNAL6.COM – Komisioner KPU RI I Dewa Kadek Wiarsa Raka Sandi, Jumat 24 September 2021, melaunching Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan.

“Tentunya ini suatu kebanggaan bagi pihaknya. Ini kali pertama bagi KPU RI turun ke daerah, khususnya Desa Mapanget. Melalui acara ini, apa yang menjadi program KPU dalam rangka meningkatkan kualitas dan proses kelembagaan demokrasi di desa ialah dengan cara melekat pada sukses nanti pada pemilih, langsung kepada masyarakat itu sendiri,” tutur Dewa Kadek selaku Ketua Devisi Sosialisasi.

Dewa Kadek mengaku, KPU punya spirit dari desa untuk demokrasi dan dari desa untuk Indonesia dan salah satu tonggak demokrasi itu sendiri ada di tanah Minut.

“Peran desa sangat penting, karena di desa pemilih itu ada serta tokoh-tokoh memberikan pencerahan kepada masyarakat. Kami juga berharap, KPU provinsi dan kabupaten agar membuka dialog dan menyerap masukkan dari masyarakat,” tandas Dewa Kadek.

Launching ini dilakukan bersama KPU Provinsi Sulut dan KPU Minut di Balai Desa Mapanget.

Ketua KPU Minut Hendra Samuel menambahkan, pencanangan Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan di Desa Mapanget sebagai motivasi bagi penyelenggara untuk lebih lagi mempersiapkan masyarakat desa yang kuat dan melek demokrasi.

“Sehingga ajang Pemilu dan Pemilihan menjadi semakin mantap diikuti oleh masyarakat yg mempunyai rasa memiliki hak kedaulatan dan mensukseskannya,” ungkap Hendra Samuel.

Bupati Joune Ganda mengapresiasi KPU RI dan jajarannya yang menetapkan Desa Mapanget sebagai salah satu pilot project Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan tahun 2024.

“Masyarakat perlu diedukasi tentang pentingnya Pemilu dan Pilkada, agar menjadi pemilih yang cerdas dan kritis, karena sesungguhnya, tujuan akhir demokrasi adalah kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat,” ucap Joune Ganda.

Hadir dalam kegiatan Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPU RI Bernad Dermawan Sutrisno, Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh bersama jajaran Salman Saelangi, Lanny Ointu, Yessy Momongan, jajaran Bawaslu, Komisioner KPU Minut Stella Runtu, Darul Halim, Robby Manoppo, Dikson Lahope, Sekretaris Winda Tulangow, Asisten I Pemkab Minut Jane Simons, Camat Talawaan Alexander Warbung, Kumtua Mapanget F Sumakud.(csr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *