oleh

Mobil Lab PCR Sudah Beroperasi Sejak Tahun 2020

MANADO,JURNAL6.COM- Pemerintah Kota Manado melalui Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota dr Richard Sualang kian peduli dengan peningkatan infrastruktur kesehatan di Kota hebat ini. Buktinya, Keputusan Menteri Kesehatan (KeMenkes) bahwa laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) harus berada di dalam ruangan, membuat Pemerintah Kota Manado mencari solusi jitu agar mobil PCR serta peralatannya dapat berfungsi kembali dengan baik.

Seperti yang terungkap dalam rapat di ruang Toar Lumimuut, Wakil Wali Kota Manado dr Richard Sualang, meminta agar pihak Dinas Kesehatan segera membuat kajian dan perencanaan kemudian berkoordinasi dengan BPKP untuk menindaklanjuti mobile PCR tersebut.

STA GINOSKO

Begitu juga dengan reagen diminta segera disiapkan apabila nanti mobil PCR beroperasi kembali melayani masyarakat yang berada di Kota Manado hebat.

Ketua DPC PDI-P Manado inipun berharap permasalahan ini secepatnya terselesaikan karena di masa pandemi seperti saat ini percepatan tracing sangat penting dilaksanakan sehingga mobil lab PCR harus secepatnya beroperasi kembali.

“Kita akan mencari opsi-opsi yang terbaik untuk segera beroperasinya mobil PCR tersebut, agar masyarakat lebih mudah untuk melakukan PCR,” pungkas Ichad

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan dr Joy Zeekeon melalui Sekretaris Dinkes Manado dr Marini Kapojos, menjelaskan, semenjak diadakan mobil tersebut telah banyak membantu pihaknya dalam memutus mata rantai penularan Covid-19. Bahkan sekira lima ribuan warga sudah pernah terlayani dengan mobil PCR tersebut.

“Jadi mobile laboratorium PCR sebagai salah satu fasilitas penunjang dalam upaya percepatan penanggulangan Covid-19 di Kota Manado dan telah melakukan fungsinya dengan melakukan pemeriksaan atau pengunjian sampel-sampel masyarakat di Kota Manado sejak tahun 2020 kemarin,” jelasnya.

Lebih jauh katanya, kemudian pelaporan hasil pengujian sampel pada mobile laboratorium tersebut melalui Dinas Kesehatan Provinsi di bawah pembinaan dan pengawasan dari Badan Litbangkes dan Dinkes Provinsi sambil menunggu proses sertifikasi menyesuaikan dengan aturan-aturan lain yang berkembang.

“Mobil PCR itu sudah lama beroperasi bahkan telah melayani ribuan masyarakat,” pungkasnya.

Ikut hadir dalam rapat tersebut Sekretaris Kota Manado Mickler CS Lakat SH MH, Asisten III Bart Assa Msc,Phd, perwakilan BPKP Sulut Glann Siwu, BKAD Manado dan Dinkes.

(ROGAM)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed