DPRD Sulut Gelar Rapat Paripurna Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Dalam Rangka Peringatan HUT Kemerdekaan ke – 76 Tahun RI

Politik176 views

Jurnal6 – Jelang Peringatan HUT ke 76 tahun proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, DPRD Sulut menggelar rapat paripurna dengan agenda mendengarkan pidato Presiden pada sidang tahunan MPR RI serta pidato Presiden RI dalam rangka penyampaian RUU APBN 2022 dan nota keuangan, Senin (16/8) pagi.

Agenda rapat ini tetap mengedepankan protokol kesehatan secara ketat guna meminimalisir penyebaran covid-19.

Paripurna ini dipimpin Ketua DPRD Sulut dr Fransiscus Silangen, didampingi Wakil Ketua Victor Mailangkay dan Billy Lombok serta dihadiri Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Steven Kandouw.

Diketahui, sejumlah poin disampaikan Presiden Joko Widodo dalam pidato pada sidang tahunan MPR RI, diantaranya Presiden Jokowi mengakui kesadaran, partisipasi dan gotong royong masyarakat dinilai semakin baik di bidang kesehatan.

Presiden juga mengapresiasi lembaga pemerintah lintas sektor yang membuat kapasitas kesehatan meningkat pesat.

Kemudian, Jokowi menilai kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan di semakin tinggi. Dilihat dari kebiasaan mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Terkait mengenai vaksinasi, Jokowi mengatakan antusiasme masyarakat sangat tinggi. Menurutnya pandemi ini telah menguatkan institusi sosial di masyarakat.

Selanjutnya, presiden mengatakan kerja sama antarlembaga serta kepemimpinan responsif dan konsolidatif menjadi kunci dalam menangani pandemi.

Di samping itu, presiden berterimakasih pada lembaga legislatif dan pemeriksa memberikan dukungan kepada pemerintah untuk cepat mengkonsolidasikan kekuatan fiskal. Bahkan TNI/Polri terus mendisiplinkan protokol kesehatan, 3T, vaksinasi serta isolasi terpusat.

Sementara Ketua DPRD Sulut dr. Fransiskus Andi Silangen dalam sambutannya mengatakan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 76 tahun saat ini yang diperhadapkan dengan pandemi covid 19 merupakan ujian bagaimana daya juang kita sebagai anak bangsa , menguji pengorbanan kita, menguji kedisiplinan kita serta menguji kepatuhan dan ketenangan kita dalam mengambil langkah kebijakan yang tepat dan cepat.

Ditambahkannya lewat momentum ini khususnya dalam menghadapi semua ujian tersebut kita bersyukur bahwa proklamasi mampu mengeratkan persatuan kita dalam me garasi semua tantangan serta menggerakkan rasa kepedulian kita untuk saling berbagi dan memperkokoh persaudaraan serta kegotong royongan kita untuk meringankan beban seluruh anak negeri.

Rapat paripurna DPRD Sulut itu juga dihadiri Anggota DPRD Sulut, Forkopimda Sulut, Sekprov Sulut Edwin Silangen dan Sekwan Glady Kawatu serta undangan lainnya yang
(*/stem)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *