Walikota Andrei Angouw, Himbau Warga Segera Lakukan Vaksinasi Tahap 2

MANADO,JURNAL6.COM-Vaksinasi sangat penting dilakukan untuk meminimalisir resiko berat dari Virus Covid 19. Hal itu disampaikan oleh ahli Virologi dan Molekuler Biologi Universitas Udayana Prof. I Gusti Ngurah Mahardika

Dia mengatakan vaksinasi memang tidak membuat seseorang bebas dari paparan COVID-19, namun dengan vaksinasi bisa menurunkan risiko berat atau bahkan kematian.
Vaksinasi juga mampu mengurangi tekanan terhadap rumah sakit karena meringankan gejala infeksi pada pasien.

“Untuk itu amat penting untuk divaksin untuk mengurangi risiko berat,” ujar Prof. Mahardik dilansir dari Detik. Com.Jumat (23/7/2021)

Dijelaskannya, tingginya angka kematian harian, menurut Prof. Mahardika, efek vaksinasi memang baru terlihat terhadap laju penyebaran COVID-19 jika yang divaksin paling tidak 50%. Dia mencontohkan, di negara yang capaian vaksinasi COVID-19 di atas 50 persen, seperti Amerika Serikat dan Inggris, angka kematian rendah walau lonjakan kasus positif kembali tinggi.

Hal itu juga dibenarkan oleh Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono. Dia menegaskan keampuhan vaksin baik bagi mereka yang terserang Covid maupun bagi yang belum.

Menurutnya, berdasarkan data yang dipegang Kemenkes tercatat sebagian besar pasien meninggal akibat Covid merupakan mereka yang belum divaksin.

“Laporan terakhir angka kematian akibat infeksi Covid pada beberapa saat ini, 90 persen sampai 94 persen adalah mereka yang belum divaksinasi, dengan adanya vaksinasi akan memberikan respon imun tubuh yang lebih baik. Baik itu apabila belum terinfeksi maupun setelah terinfeksi,” tuturnya.

Pemerintah Kota Manado juga kini tengah menggenjot pelaksanaan Vaksinasi..Dari data terakhir (28/7/2021) yamg dirilis Satuan Tugas Penanganan Covid 19 Provinsi Sulut, Kota Manado untuk Vaksinasi tahap 1 mencapai 80.3 persen sedangkan untuk Vaksinasi tahap 2 baru 23.26 persen.

Walikota Manado Andrei Angouw terus menghimbau warga kota Manado agat segera melakukan Vaksinasi.

“Saya menghimbau warga manado untuk segera lakukan vaksinasi, bagi yang belum lakukan full vaccination segera dilakukan di lokasi yang sudah disediakan oleh Pemerintah Kota,” pungkasnya.

(ROGAM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *