oleh

Tinjau Daerah Rawan Bencana di Kampung Talawid, Dandim Minta Jajaranya Waspada Bencana

-Minsel-39 views

Sangihe, Jurnal6
Memetakan daerah rawan bencana yang ada di wilayah jajarannya, Dandim 1301/Sangihe Letkol Arm Lukas Meinardo Sormin tinjau langsung lokasi yang pernah terjadi bencana longsor dan abrasi laut di Koramil 1301-06/Kendahe, tepatnya di Kampung Talawid Kecamatan Kendahe, Kamis (22/07/2021). 

Lokasi bencana longsor yang terjadi pada awal tahun 2020 lalu membuat akses transportasi atau jalan penghubung Kecamatan Kendahe ke kota Tahuna tertutup oleh material longsor, dan lokasi abrasi pantai yang berada di Kampung Talawid bawah menyebabkan kerusakan berat rumah-rumah warga pesisir pantai yang terjadi pada tahun 2019. 

STA GINOSKO

Dandim 1301/Sangihe Letkol Arm Lukas Meinardo Sormin, S.I.P, M.I.Pol mengatakan peninjauan lokasi bencana ini bertujuan untuk mengetahui titik-titik kerawanan yang ada di seluruh wilayah jajaran, serta menentukan langkah-langkah pencegahan atau antisipasi agar bencana tersebut tidak terulang kembali, yang tentunya di butuhkan kerjasama seluruh pihak baik dari Pemerintah Daerah maupun masyarakat setempat.

“Kepada seluruh jajaran, Saya juga selalu menekankan kewaspadaan untuk selalu siap dan tanggap menghadapai perubahan musim, terutama cuaca ekstrim dengan intensitas hujan tinggi disertai angin kencang dan gelombang tinggi air laut, karena wilayah kita merupakan daerah pegunungan dan wilayah pesisir yang sangat rentan dengan bencana banjir, tanah longsor, dan abrasi pantai,” kata Dandim. 

“Sangat penting bagi kita melihat langsung ke lokasi-lokasi kerawanan ini, untuk memetakan situasi dan kondisi di lapangan bila terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, sehingga dengan cepat melakukan tindakan penanganan,” sambungnya. (Ady)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed