Bupati Sangihe Jabes Gaghana Datangi Mabes TNI AL Terkait Persiapan Pembangunan Guskamla

Sangihe714 views

Sangihe, Jurnal6  
Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes E Gaghana SE ME, mendatangi Markas Besar (Mabes) TNI Angkatan Laut (AL), Kamis (27/5/2021) di Jakarta. Kedatangan Bupati diterima oleh Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kasal Laksda Muhammad Ali SE MM.

Turut mendampingi Bupati Jabes E Gaghana yakni Komandan Pangkalan Laut Tahuna, Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Sangihe dan Ketua Pengadilan Negeri Tahuna.

Hadir dalam kegiatan itu, Kaban Kesbang, Camat Tamako bersama ketua MTK dan Kapitalaung Kampung Pananaru. Sementera itu Asrena didampingi oleh Paban 1, Paban 2 dan Paban 3 serta staf 84.

Asrena Kasal bersama jajaran menyambut hangat serta menyampaikan apresiasi atas Kedatangan Bupati bersama rombongan, dimana melalui kedatangan tersebut Pemerintah serta mewakili Masyarakat Sangihe mengutarakan kesiapan dalam pembangunan Gugus Keamanan Laut (Guskamla) di Kampung Pananaru Kecamatan Tamako.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Jabes Gaghana menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe menyambut baik dan selalu berkoordinasi dengan Danlanal bersama jajaran serta unsur Forkopimda lainnya menyangkut persiapan pembangunan Guskamla di Kampung Pananaru. 

“Pada umumnya tidak ada kendala perihal persiapan pembangunan Guskamla bahkan mendapat respon baik dari masyarakat, terbukti dari antusias masyarakat saat kedatangan Wakasal yang meninjau lokasi pembangunan beberapa waktu yang lalu,” kata Gaghana.

Dia juga menyampaikan bahwa menyangkut pembebasan lahan sudah difasilitasi oleh Pemerintah. Lahan yang sudah bersertifikat adalah sebesar 9,7 hektar dan rencana akan diperluas menjadi total 24 hektar. 

“Sisa pembebasan lahannya tertata di APBD 2022, termasuk untuk akses jalan masuk alternatif yang sudah dilakukan pengukuran oleh instansi terkait pada minggu yang lalu,” ujarnya.

Sementara itu, Asrena mengatakan TNI AL sangat mengapresiasi respon dari Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe dalam Pembangunan Guskamla. 

“Melalui kunjungan Wakasal, telah meninjau lokasi rencana pembangunan. mengatakan lokasi tersebut sangat pas dan strategis untuk pembangunan Guskamla, sehingga Pimpinan Markas Besar TNI AL bersama jajaran berharap pembangunan Guskamla akan sangat menguntungkan kedua belah pihak, baik untuk TNI AL maupun untuk Pemerintah dan masyarakat Sangihe,” ungkapnya.

“Optimisme pembangunan Guskamla di wilayah Sangihe akan menjadikan wilayah ini menjadi wilayah segitiga. Sangat strategis dan kuat dalam tiga hal yang sangat berhubungan, yakni pemerintahan, pertahanan dan ekonomi,” jelasnya.

“Dengan pembangunan Guskamla akan membuka peluang Sangihe untuk lebih dikenal dan hal ini akan juga mendukung rencana pengembangan wilayah Sangihe sebagai jalur Perdagangan Barang dan lintas orang Indonesia-Philipina,” pungkasnya.(Ady)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *