oleh

BASARNAS Manado Gelar Pelatihan Water Rescue di Sangihe

-Sangihe-66 views

Sangihe, Jurnal6
Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Manado menggelar pelatihan teknik Pertolongan di Permukaan air (Water Rescue) di Hotel Nasional Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) , Selasa (18/5/2021).

Pelatihan yang melibatkan unsur Pemerintah Daerah, TNI, Polri serta masyarakat itu direncanakn akan berlangsung selama lima hari.

STA GINOSKO

“Pelatihan  ini adalah awal  pembelajaran yang sangat penting bagi potensi SAR yang dilakukan oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Manado. Pelatihan ini bertujuan memberikan bekal pengetahuan dan keterampailan kepada para potensi pencarian dan pertolongan,” kata Suhri Sinaga, Kepala Kantor SAR Kelas A Manado.

“Dengan harapan setelah menyelesaikan program pelatihan, peserta mampu mengaplikasikan seluruh kemampuan yang didapat selama pelatihan untuk mendukung BASARNAS dalam pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan terutama pada saat terjadi musibah atau bencana di wilayah tanggung jawab kerja masing-masing,” imbuhnya.

Dikatakannya, musibah yang akhir2 ini terjadi, menambah berat para petugas BASARNAS.

“Melihat kondisi alam di Indonesia dewasa ini, kita ikut merasa prihatin. Banyak musibah terjadi baik di darat, laut, dan udara maupun bencana alam seperti banjir, gempa bumi, tanah longsor, kebakaran dan lain-lain, hal itu mengisyaratkan kepada kita bahwa kedepan tugas BASARNAS dan poensi SAR akan semakin berat,” katanya.

Musibah-musibah itu, jelasnya, tersebut telah menelan banyak korban, dan semua itu menuntut kita untuk selalu berwaspada setiap, serta siap dalam memberikan pelayananan pencarian dan pertolongan pada masa tanggap darurat terhadap para korban musibah atau bencana,” sambungnya. 

Lebih lanjut dikataknnya, kemampuan SAR dalam menangani terjadinya musibah/bencana ditentukan oleh beberapa faktor antara lain pengendalian dan koordinasi atas potensi SAR, ketersediaan fasilitas penunjang, prosedur tetap operasi SAR dan didukung oleh keberadaan sumber daya manusia yang profesional di bidang SAR. 

“Tujuan dari pelatihan ini adalah salah satu upaya untuk memperoleh sumber daya manusia SAR profesional yang nantinya mampu melaksanakan tugas operasi SAR, khususnya kecelakaan dan kondisi membahayakan  manusia di perairan/laut,” ujarnya. 

Sementara itu, Sekertris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Melanchton Harry Wolf saat membacakan sambutan Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Sangihe mendukung secara penuh pelatihan teknis Water Rescue. 

“Sebagai Pimpinan Pemerintah di daerah ini, saya menyambut baik dan memberikan apresiasi ke seluruh jajaran BASARNAS, dalam hal ini Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Manado dan Pos SAR Tahuna atas di selenggarakannya kegiatan pelatihan ini di Kabupaten Sangihe, “kata Wolf.

Acara ini merupakan salah satu kegiatan penting yang dapat meningkatkan pengetahuan terkait dengan kesiap-siagaan masyarakat guna mendukung penyelegaraan operasi SAR sehingga masyarakat dan para stakeholder memiliki pengalaman untuk mengantisipasi secara dini bencana yang bisa terjadi khususnya di wilayah Nusa Utara.(Ady)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed