Desa Kapoya Satu Siap Ikut Lomba Desa dan Kelurahan Tahun 2021

0
415

Amurang, Jurnal6
Lomba desa dan kelurahan di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Provinsi Sulawesi Utara, memicu pembenahan di seantero Minsel. Penyelenggaranya adalah Pemerintah Kabupaten Minsel, sedangkan pesertanya adalah seluruh desa dan kelurahan se-Minsel.

Salah satu desa yang menyatakan siap ikut lomba adalah Desa Kapoya Satu, Kecamatan Suluun Tareran.

Menurut Penjabat Hukum Tua Desa Kapoya Satu, Lano Rarung, mereka telah melakukan persiapan sejak jauh hari sebelumnya.

“Persiapan sudah kami lakukan sejak sepekan. Ini sudah disosialisasikan kepada seluruh masyarakat, dan semua ikut ambil bagian,” kata Lano Rarung, Rabu (31/3/2021).

Beberapa hal yang telah mereka persiapkan, kata Lano Rarung, adalah administrasi, penataan desa, kebersihan desa serta penerapan protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19.

“Semaksimal mungkin persiapan telah kami laksanakan. Mudah-mudahan hasilnya memuaskan,” harap Lano Rarung.

Sementara itu, anggota DPDR Minsel, Orwin Tengor, penduduk Desa Kapoya Satu, juga memberikan dukungan penuh. Itu dibuktikan dengan dikerahkannya tim Karapi Winner untuk membantu pemerintah Desa Kapoya Satu.

“Ini adalah bagian dari kebersamaan kami sebagai warga Desa Kapoya Satu. Kami harus all out mendukung program pemerintah. Dan saya di sini bertindak sebagai warga Desa Kapoya Satu,” papar Orwin Tengor dan diaminkan Audy Runtuwarow.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), melalui Sekretaris Dinas, Altin Sualang, mengatakan, Lomba Desa dan Kelurahan Tahun 2021 menilai soal perkembangan desa.

“Yang menjadi objek penilaian adalah administrasi desa, inovasi, keunggulan, potensi, dan lain sebagainya,” ujar Altin Sualang.

Desa Kapoya Satu berjarak sekira 30 menit perjalanan dari Kantor Bupati Minsel. Luas wilayahnya mencapai 400 hekto are.

Jumlah penduduk Desa Kapoya Satu per pekan ini adalah 806 jiwa. Itu terdiri dari 433 orang perempuan dan 384 laki-laki. Jika dihitung Kepala Keluarga, Desa Kapoya Satu memiliki 243 KK.

Setelah dimekarkan dan membentu desa baru, Desa Kapoya Satu membentuk 4 jaga. Mayoritas dari penduduk Desa Kapoya Satu adalah petani.(csr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here