Jajaki Kerjasama Antara Indonesia dengan Filipina di Bidang Perikanan, Gaghana Temui Wamenlu RI

Sangihe211 views

Sangihe, Jurnal6

Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana, SE, ME melakukan pertemuan dengan Wakil Menteri Luar Negeri (wamenlu) RI, Mehendra Siregar di Kementerian Luar Negeri Jakarta, Kamis (25/03/2021).

Dalam pertemuan tersebut membahas Fasilitasi oleh Konsulat Jenderal Indonesia Filipina melalui Kementerian Luar Negeri terhadap Penjajakan Kerjasama antara Indonesia dengan Filipina di Bidang Perikanan.

Kerjasama antara Indonesia dan Filipina ingin diperkuat melalui daerah perbatasan, termasuk Kabupaten Kepulauan Sangihe yang memiliki potensi di bidang kelautan dan perikanan sebagai sumber produk ikan untuk diekspor ke General Santos dan Davao.

Dalam kesempatan ini Bupati telah mempresentasikan terkait potensi daerah, dukungan sarana dan prasarana tangkap dan dukungan proses pengolahan termasuk pasca tangkap.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe dalam hal ini Bupati Kepulauan Sangihe menekankan, bahwa sebagaimana peraturan.

“Kerjasama dalam hal Investasi ini tidak akan dilakukan di luar konteks Perundang-undangan, dimana Penanaman modal asing hanya dikhususkan untuk investasi pengolahan, tetapi tidak membuka ruang untuk penangkapan ikan di perairan Indonesia, khususnya perairan Sangihe,”Gaghana.

Pengembangan eksisting potensi tersebut akan dikembangkan melalui perwujudan kerjasama bilateral ini. Untuk itu Wamenlu mendorong untuk Konjen mempercepat proses kerjasama ini dan untuk menseriusi kerjasama ini maka Konjen dan tim akan melakukan perkunjungan ke Kabupaten Sangihe dalam waktu dekat.

Dalam pertemuan tersebut Wamenlu didampingi Direktur Kerjasama Ekonomi ASEAN Berlianto Situngkir dan Sekretaris Direktorat Jenderal Protokol dan Konsuler Dyah Lestari Asmarani.

Sementara itu Bupati Kepulauan Sangihe
hadir bersama Kepala Bapelitbang Daerah Ir Fillixson Petrus Gaghaube MSi, Ketua TP PKK Dra Hermin Ririswati Gaghana Katamsi, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Irianto M Manumpil, serta Kepala Bidang Perikanan Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Alfred N.

Limpong.(Ady)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *