Temui Investor Austria dan PT JTE, Bupati Gaghana Seriusi Pembangunan PLTT Hybrid di Sangihe

Sangihe247 views

Sangihe, Jurnal6
Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Sangihe serius terhadap pembangunan Pembangkit Listrik Terbarukan Tenaga Hybrid (PLTYH). Terbukti, Bupati Jabes Ezar Gaghana dan rombongan menemui langsung pihak Austria dan Direktur PT Jasa Tirta Energi (JTE) DR Susilowati di Jakarta, Senin (15/3/2021).

Turut mendampingi Bupati yakni  Ketua Tim Penggerak PKK Dra Hermin Ririswati Gaghana Katamsi, Kaban Bapelitbanda, Ir Fillixson Petrus Gaghaube MSi, Asisten Ekonomi Pembangunan Gorry Londo ST ME, Kadis PUPR, Kabag Ekonomi, Kabag Sumberdaya Alam.

Pertemuan dengam Direktur PT Jasa Tirta Energi DR Susilowati dan tim survei serta piham Austria, menyangkut hal-hal yang berkaitan dengan administrasi maupun teknik terhadap kebutuhan penguatan pembangunan pembangkit listrik tenaga Hybrid di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

“Hari ini ada pertemuan Pemda Kabupaten Sangihe dengan pihak Austria dan PT Jasa Tirta Energi membicarakan pembahasan hal-hal terkait dengan Administrasi maupun teknis  pembangunan pembangkit kistrik tenaga Hybrid,” kata Gaghana.

Dikatakan Gaghana, pertemuan itu untum menyikapi persoalan sering terjadi pemadaman lampu akibat ganguan jaringan maupun Mesin pembangkit Listrik PLN.  

“Kami berharap pembangunan pembangkit listrik HYBRID ecepatnya terealisasi karena akan menambah Power kekuatan mesin PLN,” harapnya. 

Kedatangan Gaghana  dan rombongan di Jakarta, antara lain menyampaikan hasil survei titik koordinat masing-masing di Lumahedo Menggawa 2, Balane dan Ulung Peluang guna pembangunan PLTTH dilakukan  tim Survei dari Austria bersama kementerian BUMN sekaligus menyatakan kesiapan Pemda Sangihe dan masyarakat kecamatanTamako. 

Sementara itu Direktur PT Jasa Tirta Energi DR Susilowati mengatakan, PT Jaya Tirta akan membentuk perusahaan konserium BUMN dengan Pemda Sangihe maupun Swasta mendampingi  teknologi dan keuangan. Harapannya perusahan konserium yang di dalamnya ada kepemilikan JPE, Pemda Kabupaten Sangihe maupun Swasta itu akan melakukan percepatan implementasi pembangunan listrik yang ada di Sangihe. Ini merupakan teknologi pertama menggunakan Hybrid teknologi kombinasi antara pembangkit listrik tenaga Air, Surya, Angin. 

“Harapannya agar ke depan tidak terjadi pemadaman listrik lagi, dan tentunya PAD bagi Pemda bertambah dan ada tambahan Lapangan pekerjaan untuk masyarakat setempat,” ucapnya.(ady)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *