Gaghana Resmikan Gedung BUMDES Senggihilang Kampung Sampakang

Sangihe188 views

Sangihe, Jurnal6 – Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes E Gaghana SE ME meresmikan Gedung BUMDES Senggihilang Kampung Sampakang Kecamatan Tabukan Selatan Tenggara, Senin (1/3/ 2021).

Diitandai dengan penandatanganan Prasasti Gedung dan pengguntingan pita oleh Ketua Tim Penggerak PKK Ibu Dra Ririswati Gaghana Katamsi. Ketua BUMDES Senggihilang, Welmin Makasigha Mengatakan BUMDES yang dikelola pengurus sejak tahun 2018 tempat usahanya masih memakai rumah penduduk. Dan usahanya masih bergerak di usaha kebutuhan rumah tangga (Sembako).

“Seiring dengan berkembanya usaha ini pengurus berinisiasi membangun gedung BUMDES yg permanen guna menampung kebutuhan Masyarakat serta hasil pertanian holtikultura dari petani,” kata Makasigha.

“Pembangunan fisik gedung BUMDES diprakarsai oleh beberapa tokoh mayarakat sampai menghibahkan sebidang tanah milik mereka untuk pembangunan gedung BUMDES. Pada Tahun anggaran 2020 melalui Dana Desa dibangun Gedung BUMDES yg permanen berlantai dua, dengan Ukuran 10X12 meter persegi,” sambungnya.

Bupati KabupatenKepulauan Sagihe, Jabes E Gaghana SE ME mengapresiasi kebersamaan masyarakat kampung Sampakang dan gereja yang menyatu menaikan syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa atas diresmikannya Gedung BUMDES dan Syukur Hari Ulang Tahun Jemaat Gmist Efata ke 41 Tahun.
Sinergitas ini biarlah menjadi kekuatan dalam menopang kehidupan ekonomi usaha bersama masyarakat maupun jemaat, melalui BUMDES.

“Demi pengembangan usaha ini silahkan bersinergi dengan OPD terkait.Misalanya kalau ingin menjual pupuk sinergikan dengan dinas partanian, sehingga dapat difasilitasi. Sedangkan dananya dapat menjalin kerja sama dengan pihak perbankan untuk permodalan,” kata Gaghana.

Dalam kaitan dengan Syukur HUT Jemaat, Bupati menyampaikan selamat sekaligus
menjawab kerinduan warga jemaat dalam penyelesaian pembangunan Gereja Gmist Efata Sampakang Bupati melalui proposal, dengan menyumbang dana sebesar Rp 50.000.000 (lima puluh juta rupiah).

Turut pula mendampingi Bapak Bupati, Kadis Perhubungan, Kadis Pertanian, Kadis Perikanan, Kadis Tenaga Kerja, Kaban Kesbangpol, Kabag Pembangunan dan Kabag Sumber Daya Alam.(Ady)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *