Pembangunan Terminal Wisata Pelabuhan Laut Likupang Terus Digenjot

Minut, Travel878 views

Likupang – Progres Pekerjaan Fisik Pengembangan Fasilitas Pelabuhan Laut Likupang terkait pembangunan terminal penumpang saat ini mendekati rampung.

Fasilitas terminal khusus pariwisata ini, merupakan bentuk perhatian Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan sebagai salah satu sarana penunjang sektor pariwisata di Sulawesi Utara.

Namun demikian Kepala Pelabuhan Kelas III Likupang M. Qowi mengatakan proyek yang menelan anggaran sebesar 9,6 milyar melalui APBN 2020 masih menyediakan sedikit sisa pekerjaan yang seharusnya ditargetkan tuntas akhir tahun 2020.

” Progres pembangunan terminal penumpang di Pelabuhan Likupang saat ini sudah mencapai 92,50%; dan sesuai Peraturan Menteri Keuangan / PMK. 217 tanggal 28 Desember 2020, penyedia diberi kesempatan menyelesaikan pekerjaan yang tersisa sebanyak 7,50% di Tahun Anggaran 2021 dengan waktu selama 60 Hari Kerja (1 Januari – 1 Maret 2021
sesuai Surat Pernyataan Kesanggupan Menyelesaikan Sisa Pekerjaan dan Kesanggupan Membayar Denda Keterlambatan bermaterai Nomor 97/PT/RTP/XII-2020 tanggal 29 Desember 2020 (Konstruksi) dan Nomor 02.E/GMK.SP.LIU/XII/2020 tanggal 30 Desember 2020 (Supervisi).” ungkap Kepala Pelabuhan Laut III Likupang M. Qowi, Selasa 19/1/21)

Selain itu tambah Qowi, pihak pelaksana telah menandatangani Surat Pernyataan Kesanggupan Menyelesaikan Sisa Pekerjaan selama 60 Hari Kerja dan Kesanggupan Membayar Denda Keterlambatan beserta perpanjangan masa berlaku Bank Garansi.

“Jaminan pembayaran akhir tahun anggaran telah dilaporkan dan diserahkan pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Bitung pada tanggal 7 Januari 2021 (sebelum 5 Hari Kerja) setelah kontrak berakhir sesuai ketentuan yang berlaku.” tandasnya.

Diketahui proyek pembangunan terminal wisata di kompleks pelabuhan penumpang Likupang dapat dimanfaatkan masyarakat lokal maupun wisatawan luar negeri yang akan mengunjungi beberapa pulau yang menjadi destinasi wisata di daerah tersebut seperti pulau Lihaga, Gangga maupun pulau Bangka.

Tak hanya itu, pelabuhan Laut Likupang juga akan dibangun dermaga apung sehingga kapal kecil bisa sandar terutama untuk menjamin keselamatan dan keamanan pelayaran bongkar muat penumpang.

Disisi lain pengembangan secara keseluruhan fasilitas pelabuhan laut Likupang akan selesai tahun 2022

” Khusus fasilitas terminal wisata, akan diselesaikan tahun 2021 namun secara keseluruhan pengembangan fasilitas yang ada di Pelabuhan Laut Likupang direncanakan selesai tahun 2022 nanti ” tandas Qowi. (stem)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *