Jelang HUT ke-596 Kabupaten Sangihe, Natingkaseh: Tamu Undangan Dibatasi 100 Orang

Minsel125 views

Sangihe, Jurnal6
Di tengah merajalelanya wabah Covid-19, banyak agenda kegiaatan yang “terpaksa” ditunda pelaksanaannya. Meski demikian, agenda tahunan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-596 Daerah Kepulauan Sangihe dan Upacara Adat Tulude 31 Januari 2021 yangsudah menjadi tradisi, akan tetap dilaksanakan.

“Namun untuk pelaksanaan di lapangan tetap akan mengikuti protap (protokol tetap) Covid-19, seperti mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Termasuk tamu undangan yang akan hadir tak lebih dari 100 orang. Khusus untuk tamu undangan, terdiri dari Forkopimda, Pimpinan OPD, pimpinan dan anggota DPRD, badan adat, dewan adat, instansi vertikal, yang nantinya akan dipilih. Untuk camat, hanya Camat Tahuna, Tahuna Timur dan Tahuna Barat. Sementara untuk camat di luar Kota Tahuna tidak akan diundang,” ungkap Kepala Bagian (Kabag) Protokoler danKomunikasi Pimpinan (Prokopi) Setda Sangihe, Franky Nantingkaseh.

Sementara, terkait pelaksanaan HUT Sangihe dan Tulude, lanjut Natingkaseh, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe bersama Panitia Pelaksana dan Dewan Adat, juga  telah menggelar rapat pemantapanterakhir.

“Jadi Upacara Adat Tulude dan HUT Daerah akan dilaksanakan dalam bentuk sederhana, melihat kondisi pandemi Covid-19 saat ini, sehingga tetap akan dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan,” jelasnya.

Ditambahkannya, pemerintah juga nantinya akan menurunkan edaran bahwa pelaksanaan disetiap kecamatan dan kampung harus dibuat sedemikian sederhana tidak secara besar-besaran, mengingat kondisi saat ini. Tetapi tidak mengurangi esensi dari Upacara Adat Tulude dan HUT daerah.

“Terlebih di dalamnya adalah bentuk doa terkait dengan kondisi Covid-19 saat ini. Jadi kita lebih ke ritual untuk permohonan ke I Geghonalangi (Tuhan), kiranya sakit penyakit dan wabah Covid-19 dapatcepat berlalu dan dijauhkan dari mara bahaya (mengundang banua),”pungkasnya. (Ady)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *