oleh

Anggaran Gaji 600 Guru Honorer Minsel Terancam Embang

-Minsel-20 views

Amurang, Jurnal6
Senyum ratusan guru honorer di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), kans lenyap. Pasalnya, anggaran gaji honorer yang sudah lama diidam-idamkan, bakal hilang. Disinyalir, usulan anggaran gaji guru honorer, akan tersedot anggaran pengadaan mobil dinas (mobnas), uang makan minum (mami), anggaran perjalanan ke luar daerah, anggaran pembangunan pendopo di rumah dinas bupati dan anggaran belanja langsung lainnya.

Ketua Fraksi Primanas, Jaclyn Koloay, langsung meradang. Menurut Jacko, sapaan akrabnya, anggaran gaji guru honorer jangan dihapus.

STA GINOSKO

“Jangan hilangkan anggaran gaji guru honorer. Sebab, setahu saya, anggaran untuk gaji guru honorer sudah diusulkan dalam pembahasan APBD,” tandas Koloay, Selasa (22/12/2020)

“Sudah sangat lama ratusan guru honorer mengharapkan agar mereka mendapatkan insentif dari APBD, sebab mereka diangkat menggunakan SK bupati. Baru kali ini diusulkan, malah ada tanda-tanda gaji guru honorer akan hilang,” imbuh Jacko.

Alasan bahwa dana APBD tidak mencukupi, jelas dia, tidak relevan. Sebab, katanya, ada banyak anggaran yang belum layak untuk masuk APBD jika dibandingkan dengan gaji guru honorer.

“Solusinya ada banyak. Supaya anggarannya cukup, hilangkan dulu anggaran pengadaan mobil dinas untuk Bupati. Sebab, mobil Alphard yang digunakan bupati masih bagus. Mobil Bupati kan belum lama dibeli, masakan sudah mau ganti baru. Selain mobnas, hilangkan juga anggaran pembangunan pendopo rumah dinas Bupati. Itu belum terlalu mendesak. Kalau bisa, hilangkan dulu anggaran makan minum, anggaran perjalanan keluar daerah dan anggaran pengadaan belanja langsung yang mubazir. Ini demi kepentingan rakyat,” papar Jacko.

Oleh sebab itu, Jacko mendesak Badan Anggaran (Banggar) dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk tetap menganggarkan insentif Guru honorer Minsel.(rul mantik)

Rencananya, malam ini DPRD akan melaksanakan rapat paripurna penetapan APBD 2021.(rul mantik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed