oleh

Gaghana Lantik Wolf, Pemkab Sangihe Miliki Sekda Definitif

-Sangihe-43 views

Sangihe, Jurnal6
Setelah melampui proses panjang, sejak pengusulan ke Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akhirnya Kabupaten Kepulauan Sangihe miliki Sekretaris Daerah (Sekda) definitif. Melancthon Hery Wolf dilantik Bupati Sangihe Jabes E Gaghana SE ME sebagai Sekda. Pelantikan dilaksanakan di Papanuhung Tampungan Lawo Santiago, Senin (16/11/2020).

Bupati ditemui sejumlah wartawan usai pelantikan menyatakan, awalnya Pemda Sangihe mengusulkan pengisian jabatan Sekda ke Pemprov Sulut pada bulan Februari 2020. Setelah melalui proses hingga bulan Agustus bulan berjalan, belum juga ada jawaban. Maka, mengacu pada Keputusuan Presiden (Kepres) Nomor 3 Tahun 2018 tentang pengisian jabatan yang Sekda dilakukan di Daerah melalui dari proses seleksi,assesment ataupun open bidding.

STA GINOSKO

“Prinsipnya pelantikan Sekda ini telah memenuhi regulasi denganberkoordinasi dengan Kementerian, termasuk Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Proses ini sudah sejak bulan Februari kita mengajukan ke Gubernur, kemudian kita proses menunggu hingga bulanAgustus. Kesibukan beliau (Gubernur,red) tentu sampai bulan Agustus belum ada jawaban. Maka kita gunakan Kepres Nomor 3 bahwa Bupati ketika sudah mengajukan surat ke Gubernur 15 hari tidak ada jawaban, ya atau tidak dianggap bahwa itu di terima,” ungkap Gaghana. 

“Sehingga mulai bulan Agustus kita menggunakan proses dengan Kepres Nomor 3 dengan mekanisme yang ada dan berproses dan hasil koordinasi dengan KASN serta kementrian ternyata mekanisme sudah benar sehingga rekomendasi KASN mulai dari assesmen, open bidding sampai hasilnya diterima semua oleh KASN,” sambungnya lagi.

Ia berharap, Sekda yang baru segera menuntaskan berbagai pekerjaan yang mengalami hambatan akibat keterbatasan kewenangan. Dengan dilantiknya Sekertaris Daerah Definitif, lebih memperlancar peran tugas pemerintahan serta pelayanan publik.

“Saya mengingatkan semua bahwa perbedaan dalam setiap forum adalah hal biasa dan wajib tuntas dalam forum. Yang utama adalah kebersamaan dalam komitmen untuk daerah dan masyarakat Kabupaten Sangihe yang kita cintai ini,” ujarnya.

Hadir dalam acara pelantikan tersebut l, tiga pimpinan DPRD Kabupaten Sangihe masing-masing Ketua DPRD Josephus Kakondo, Wakil Ketua DPRD Ferdy Sondakh, Wakil Ketua DPRD Michael Thungari, pimpinan OPD jajaran Pemkab Sangihe serta undangan lainnya.(Advertorial/Ady)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed