oleh

Ketambahan Satu Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19, Sangihe Masuk Zona Orange

-Sangihe-28 views

Sangihe, Jurnal6
Semakin bertambahnya kasus Covid–19 di Kabupaten Kepulauan Sangihe,  sesuai dengan siaran pers Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (30/09) bertambah 1 kasus yang tercatat sebagai pasien 24 terkonfirmasi positif Corona. Sehingga Kepulauan Sangihe ditetapkan sebagai Zona Orange atau Resiko Sedang bersama dengan 11 Kabupaten Kota lainnya di Sulut.

“Kabupaten Kepulauan Sangihe sudah ditetapkan sebagai Zona Orange oleh Tim Gugus Tugas Provinsi,” ungkap Jubir Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Sangihe dr Jopy Thungari saat ditemui, Kamis (1/10/2020).

STA GINOSKO

Sementara itu, terkait dengan ketambahan 1 pasien terkonfirmasiPositif  Covid-19, Thungari menjelaskan, pasien 24 tersebutlaki-laki, 82 tahun  berasal dari Kecamatan Tahuna Timur. Sedangkan pengambilan Swab tanggal 17 September 2020, lalu.

“Pasien 24 tersebut memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah,mulanya ada keluhan panas, batuk. setelah di Rapid test hasilnyaReaktif dan dilanjutkan dengan pemeriksaan swab,” ujarnya.

Dijelaskannya pula, kondisi pasien 24 saat ini sudah tidak ada keluhandan telah diisolasi sejak dideteksi di RSUD Liun Kendage, kemudiandipulangkan untuk isolasi mandiri di rumah.

“Saat ini sedang dilakukan tracing untuk kontak erat dari pasien 24,dan selanjutnya sesuai protap dilakukan Rapid Tes dan Swab,” papar Kadis Kesehatan ini.

Di sisi lain tambah Thungari, dengan ditetapkannya Sangihe sebagai Zona Orange maka Pemerintah Kabupaten mengambil beberapa kebijakan yang telah dilakukan, di antaranya menghentikan sementara proses belajar mengajar tatap muka di sekolah, kantor Pemerintah yang terdapat kasus akan ditutup sementara 3 hari, dan juga tempat ibadah yang ada kasus Covid dilakukan ibadah di rumah.

“Kebijakan ini, guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona, sehingga tidak menjadi transmisi lokal,” kuncinya.

Sementara itu dari informasi terkini terkait Covid-19, selain pasien 24 juga ada pasien yang terkonfirmasi positif corona di wilayah Kota Tahuna berusia 35 tahun.

“Langsung ke Jubir karena mereka yang punya kewenangan mengumumkannya. Yang pasti sore hari ini ada satu pasien yang positif berusian 35 tahun di wilayah Tahuna,” pungkas sumber yang meminta namanya tidak dipublikasikan.(Ady)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed