oleh

Diduga Langgar Protokol Kesehatan, Lonjakan Penumpang di Pelabuhan Tahuna Terus Meningkat

-Sangihe-64 views

Sangihe, Jurnal6
Peningkatan jumlah penumpang yang tiba di pelabuhan Nusantara Tahuna, diduga langgar protokol kesehatan. Itu terutama pemberlakukan social distancing menjadi kewenangan instansi berkompeten di Manado.

Hal itu ditegaskan kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Tahuna, Mocodompis Muhaling SIP MM terkait lonjakan penumpangdi era tatanan kehidupan baru. Dijelaskan olehnya, pelabuhan Nusantara Tahuna merupakan pelabuhan tujuan, penerima pembatasan seharusnyadilakukan Manado. Meski demikian kata Muhaling, sesuai petunjukKementrian dan Direktorat masih belum ada pembatasan soal persentase penumpang, tetapi mendisiplinkan penumpang memberlakukan protocolkesehatan.

“Jadi, di sini kan pelabuhan penerima, yang punya kewenangan membatasi penumpang itu ada di Manado. Akan tetapi sesuai petunjuk dari Kementerian maupun Direktorat, tidak ada pembatasan dalam masalah presentase jumlah penumpang. Yang ada hanyalah menjaga jarak, mendisiplinkan penumpang untuk selalu memberlakukan protocolkesehatan,” jelasnya.

Meski pun terjadi lonjakan penumpang saat kedatangan kapal tambah Muhaling, namun dari pelabuhan Nusantara Tahuna keberangkatan kapal tetap berpedoman terhadap protokol kesehatan tidak melebihi kapasitas.

“Tidak hentinya kami menghimbau kepada semua penumpang maupun penyedia jasa untuk selalu mengikuti protocol kesehatan yakni jaga jarak, pakai masker demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (Ady)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed