Tiga Bapaslon Resmi Mendaftar di KPU Minut

Minut270 views

Jurnal6 – Minut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Utara (Minut) sukses menggelar tahapan pendaftaran bakal pasangan calon (bapaslon) Pilkada 2020. Tahapan dibuka selama tiga hari yang berlangsung sejak 4 – 6 September.

Tercatat, pendaftaran ini diikuti tiga bapaslon. Meski sukses digelar, jalannya proses diwarnai berbagai dinamika. Bahkan, sempat muncul segelintir berita jika KPU Minut mempersulit bapaslon yang mendaftar.

Kabar ini mengemuka setelah Bapason Shintia Gelly Rumumpe – Netty Agnes Pantow (NAP) tidak diperkenakan masuk ruang pendaftaran.

Pasalnya, baik SGR maupun NAP tidak bisa menunjukan surat keterangan asli hasil pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) untuk dinyatakan sebelum negatif Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Pun terkait adanya berita pendaftaran dipersulit KPU, langsung dibantah partai pengusung dan LO pasangan SGR – NAP. Ketua DPC PKB Minut Sarhan Antili menegaskan, dinamika yang terjadi saat pendaftaran merupakan bagian dari konsistensi KPU dalam menerapkan aturan Pilkada.

“Setelah cukup alot kami berterima kasih kepada KPU. Kalau ada segelingan berita bahwa seakan-akan KPU mempersulit, saya kira tidak ada. Karena memang ada beberapa berkas yang harus kita benahi.

Sehingga proses sampai malam hari ini,” kata Sarhan saat konferensi pers usai pendaftaran, Senin (6/9) malam.

“Terima kasih juga kepada aparat keamanan, Ibu Kapolres, Pak Dandim, LO dan semua yang terlibat, kita tinggal menunggu keputusan sah,” tambahnya.

Pantauan di lapangan, tak berselang lama setelah tidak bisa menunjukan hasil swab, SGR – NAP meninggalkan Kantor KPU Minut dan dianjurkan mengikuti proses pendaftaran via media daring.

Sementara perwakilan partai politik masih tetap di dalam area kantor mengikuti tahapan pengecekan kelengkapan berkas.

“Hasil swab itu tidak akan menghalangi pendaftaran dari bakal calon bupati dan wakil bupati,” kata Komisioner Divisi Teknis KPU Minut, H Darul Halim.

Buktinya, proses pendaftaran tetap dilanjutkan dan berkas SGR-NAP dinyatakan lengkap dan diterima KPU Minut. “Lengkap dan memenuhi syarat. Berdasarkan itu, pendaftaran calon diterima,” ujar Komisioner KPU Minut Robby Manopo saat membacakan berita acara tanda terima pendaftaran.

Sementara itu, mewakili SGR-NAP, Stevi Dacosta selaku Liaison Officer (LO) menyampaikan rasa syukurnya karena proses pendaftaran diterima dan memenuhi syarat pencalonan.

“Kami sangat bersyukur berkas pendaftaran calon bisa berjalan lancar dan sesuai dengan harapan. Saya juga menyampaikan terima kasih kepada pihak penyelenggara KPU Minut dan petugas keamanan yang telah menjalankan tugasnya dengan baik sehingga proses pendafaran ini bisa berjalan dengan baik,” ungkap Dacosta.

Sebelum SGR-NAP, Bapaslon Joune Ganda – Kevin William Lotulung (JG-KWL) dan Sompie Singal – Joppie Lengkong (KIS-JO) telah lebih dahulu memastikan mendaftar di KPU Minut.

Pada kesempatan itu, baik Joune maupun Kevin memanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan yang maha kuasa, karena dokumen yang telah dimasukan telah dinyatakan lengkap dan diterima.

“Tentunya dengan dukungan beberapa partai Politik yang akumulasinya 60 persen kursi di DPRD, kami yakin menang Pilkada 9 Desember mendatang. Persembahan kami ini untuk kesejahteraan warga Minut,” kata Joune didampingi Kevin bersama pimpinan partai pengusung usai menjalani proses pendafataran.

Menyusul JG-KWL, bapaslon KISS – JO menjadi yang kedua yang mendaftar. Sempat diinformasikan mendaftar di hari Sabtu (5/9), kedatangan KISS – JO tertunda di hari Minggu (6/9) tepat pukul 10.30.

KISS – JO diantar tiga pimpinan partai pengusung, Golkar, Hanura dan PAN. Jumlah tiga partai pengsung ini bertotal 6 kursi. Memenuhi syarat 20 persen pencalonan.

“Berdasarkan penelitian, berkas pendaftaran bakal pasangan calon Sompie Singal – Joppie Lengkong diterima,” bunyi berita acara tanda terima pendaftaran, terpantau layar yang disediakan KPU.

Usai pendaftaran, Sompie Singal pun bersyukur. “Kami bersyukur kepada Tuhan. Karena selalu menolong dan membimbing kami. Kami selalu berdoa agar kami bisa memenangkan Pilkada Minut 2020,” kata Sompie Singal.

“Perjuangan cukup berat. Sampai kemarin masih ada pergumulan. Tapi puji Tuhan, kita bisa ditolong sampai sekarang bisa mendaftar, dan pendaftaran kita diterima,” tambah Joppie Lengkong.

Ada pun komisioner KPU Minut, Stella Runtu selaku ketua, Komisioner Hendra Lumanauw, Darul Halim, Robby Manoppo dan Dickson Lahope. Hadir juga tiga pimpinan Bawaslu Minut, Simon Awuy selaku ketua, Rahman Ismail dan Rocky Ambar. (PaulWo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *