Survei IPI: VAP Lebih Baik Ketimbang Petahana

Manado, Minut378 views

Jurnal6 – Jakarta, Pemilihan Gubernur Sulut semakin dekat, persaingan menuju kursi Sulut 1 pun semakin ketat.

Survei yang dilakukan Indeks Politik Indonesia (IPI), lembaga riset dan konsultan pada 15-25 Agustus, menemukan tiga calon kuat di Sulawesi Utara, yakni Petahana Olly Dondokambey (OD) 41,8%, disusul Bupati Minut Vonny A Panambunan (VAP) 29,2%, dan Bupati Minsel Christiany E Paruntu (CEP) 11 %. Sementara yang belum menjatuhkan pilihan sebesar 18%.

Manager Riset IPI Muhammad Anwar menuturkan, OD sangat berpotensi dikalahkan, apalagi bila terjadi head to head di Pilgub Sulut. “Olly Dondokambey sangat berpotensi dikalahkan pada Desember nanti dan yang berpotensi mengalahkan yakni Vonny Panambunan, calon gubernur yang didukung oleh Partai NasDem,” ungkap Anwar dalam rilis survei di Jakarta sore tadi.

Menurut Anwar, jika diperhatikan, dukungan ke petahana makin turun. “Pemicunya yakni masalah evaluasi kinerja. Hasil survei kami, hanya 40% warga Sulut yang menganggap kinerjanya baik. Selain itu, petahana kalah di citra personal calon. Warga Sulut melihat Vonny Panambunan lebih baik pada citra peduli rakyat dan dianggap lebih jujur,” bebernya.

Anwar melanjutkan, temuan survei IPI, bila simulasi head to head OD vs VAP, jarak keduanya makin tipis, hanya 6%. “Selisih yang sangat tipis itu, secara psikologi akan mempengaruhi pemilih yang belum menentukan pilihan sebesar 22%. Ini situasi yang tidak aman bagi petahana, jika 4 bulan sebelum hari H, selisih dari penantangnya di bawah 10%,” urai Anwar.

Kata dia lagi, IPI juga menilai, jika para penantang bersatu dan membentuk koalisi besar, dan ditambah VAP sebagai calon, mengalahkan petahana sangat besar terjadi.(PaulWo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *