Dandim 1301/Sangihe Panen Raya Jagung di Lahan Demplot Kampung Raku

Sangihe126 views

Sangihe, Jurnal6
Dandim 1301/Sangihe Letkol Inf Rachmat Christanto SIP melaksanakan Panen raya jagung Hibrida di lahan tidur seluas kurang lebih 1 ha. Lokasinya di lahan demplot Koramil 1301-07/Tabut, yang berada di Desa Raku Kecamatan Tabukan Utara, Jumat (28/08/02020).

Jagung merupakan komoditi tanaman pangan yang memiliki peranan pokok sebagai pemenuhan kebutuhan pangan pengganti beras. Dalam rangka menguatkan ketahanan pangan menghadapi krisis pangan dampak dari Pandemi Covid-19, Dandim menginstruksikan Koramil jajarannya untuk menggalakan pengolahan lahan tidur di wilayah binaan.

Menindak lanjuti perintah tersebut, Koramil 1301-07/Tabut membuka lahan tidur milik masyarakat di Desa Raku untuk dimanfaatkan dan diolah menjadi lahan demplot tanaman jagung hibrida. 

“Kami berharap dengan panen raya jagung hibrida ini, dapat memberikan motivasi kepada masyarakat untuk menekuni bidang pertanian, agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, serta menguatkan ketahanan pangan di wilayah mencegah terjadinya krisis pangan dampak dari Pandemi Covid 19 yang sampai saat ini belum berakhir,” kata Christanto. 

“Dalam kegiatan Panen Raya ini,tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan dan jaga jarak. Panen Raya ini merupakan wujud nyata peran TNI dalam meningkatkan Ketahanan Pangan di wilayah,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapitalaung Kampung Raku Lukman Samat mengatakan, sangat mendukung program yang lakukan Koramil 1301-07 tabut.

“Selaku Pemerintah Kampung Kami sangat mendukung program ketahanan pangan yang dilakukan Koramil 1301-07/Tabut, hal tersebut juga untuk mensukseskan swasembada nasional yang telah di canangkan oleh Pemerintah, selain itu dapat memberikan contoh kepada masyarakat untuk lebih berinovasi dan inovativ dalam menciptakan peluang-peluang usaha di tengah pandemi ini,” terangnya.(Ady)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *