oleh

Momentum HUT Kemerdekaan RI, Rocky Wowor Kunjungi Rumah Mendur Bersaudara

Jurnal6 Minahasa -Momentum peringatan  HUT RI ke-75, dimanfaatkan ketua fraksi PDI Perjuangan DPRD Sulut Rocky Wowor mengunjungi rumah panggung Frans Soemarto Mendur dan Alex Impurung Mendur di
Kelurahan Talikuran, Kecamatan Kawangkoan Utara, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

Mendur bersaudara ini merupakan juru foto saat pembacaan teks Proklamasi oleh Presiden Soekarno tanggal 17 Agustus 1945. Berkat keduanya  hingga saat ini saksi bisu hari paling penting untuk bangsa ini bisa kita lihat.

STA GINOSKO

“75 tahun yang lalu, Republik Indonesia diproklamirkan oleh Bung Karno dan Bung Hatta. Ada banyak tokoh penting dibalik proklamasi kemerdekaan selain Bung Karno dan Bung Hatta. Termasuk, 2 wartawan asal Manado yakni Frans Sumarto Mendur dan Alexius Impurung Mendur,” ungkap Wowor, senin (17/8).

Diketahui, Rocky Wowor mengunjungi rumah panggung Frans Soemarto Mendur dan Alex Impurung Mendur usai mengikuti upacara bendera bersama pemerintah provinsi.

Lanjut Wowor, berkat jasa mendur bersaudara, generasi saat ini menyaksikan foto-foto momen proklamasi di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, pada 17 Agustus 1945 silam

“Diantaranya foto saat Soekarno membacakan naskah proklamasi dan Mohammad Hatta berdiri di sisi kiri,” tandas Wowor yang digadang-gadang pengganti ketua DPRD Sulut Andrei Angouw.(stem/*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed