Diawali Peletakan Batu Pertama, Gubernur Olly Canangkan Penataan Wisata Budaya Kuwil,

0
86

Jurnal6 Minut -Gubernur Olly Dondokambey  melakukan pencanangan penataan kawasan wisata budaya Kuwil sekaligus melakukan peletakan batu pertama kawasan wisata di lokasi pembangunan  bendungan Kuwil Kawangkoan Kamis (13/8/20).

Lokasi pembangunan Bendungan Kuwil yang di dalamnya terdapat waruga yang merupakan makam leluhur Minahasa  akan ditata menjadi satu paket dengan pembangunan pariwisata bagi masyarakat umum.

“ Dari awal rencana pembangunan bendungan ini kan menjadi satu konsep untuk pariwisata sehingga waruga ini juga  menjadi satu konsep pembangunan waruga dan bendungan . Dari awal rencana ini buat daerah wisata  termasuk wisata budaya.” ungkap Gubernur Olly kepada wartawan.

Olly menambahkan hal ini menjadi  komitmen Pemerintah Propinsi Sulawesi Utara untuk terus menjaga budaya dan identitas daerah terutama kepada generasi muda.  

“ Kita tidak boleh lupakan budaya identitas Propinsi Sulawesi Utara seperti apa, karena kalau kita tidak tahu kita berasal dari mana  susah torang membangun.  Sejarah itu harus kita dukung bersama  agar generasi kita nanti tetap melihat kejayaan Sulawesi utara pada waktu lalu, “tandas Gubernur Olly.

Sementara itu kepala Balai Sungai wilayah Sulawesi I Ir. Bastari, M.Eng dalam laporannya mengungkapkanpembangunan lokasi wisata budaya dengan anggaran 39 milyar tersebut akan dibagi dua tahap.

“ Tahap  pertama sampai bulan November dilakukan  penataan lahan, paving block, pembanngunan lahan gerbang selamat datang, tanaman hias, toilet umum dan gazebo dengan anggaran  7.5 milyar, sedangkan untuk tahap dua selesai bersamaan dengan pembangunan bendungan Kuwil,” jelas Bastari.

“ Program Kementerian PUPR secara nasional  konsep  pembangunan bendungan harus mengangkat budaya lokalnya , tapi yang unik di Sulut,  kita mengangkat budaya daerah dimana lokasi pembangunan bendungan ditemukan makam  leluhur Minahasa dan ini kita tata. Mungkin ini satu-satunya  di Indonesia atau mungkin di dunia. Ini menarik sekali dan saya yakin akan  menjadi destinasi wisata yang menarik dan sangat indah.”  ujar Bastari.

Dalam kegiatan pencanangan tersebut turut dihadiri Kakanwil Pertanahan Sulut Freddy Kolintama, Kadis Kebudayaan Daerah Sulut Jendry Sualang, Kepala SNVT Pembangunan Bendungan Novie Ilat, jajaranr Balai Wilayah Sungai Sulawesi I, Pemerintah Desa Kawangkoan serta undangan lainnya.(stem)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here