oleh

100 Juta Dana BUMDes Desa Malenos Baru Diduga Raib

-Minsel-212 views

Amurang, Jurnal6
Desas-desus dana Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dijadikan ATM oknum aparat desa dan kroninya mulai terkuak. Terbukti, banyak pengakuan, fisik dari uang ratusan juta yang dihibahkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), tidak dipegang oleh pengurus BUMDes. Aparat penegak hukum pun diminta membongkar kongkalingkong dana BUMDes di beberapa desa di Kabupaten Minahasa Selatan.

Salah satu contoh, kasus yang terjadi di Desa Malenos Baru, Kecamatan Amurang Timur. Informasi diperoleh wartawan jurnal6.com, dana BUMDes sebesar Rp 100 juta di Desa Malenos Baru, diduga telah dipergunakan untuk kepentingan pribadi oknum Hukum Tua (Kumtua). Hal itu terungkap setelah ada laporan warga dan ditindaklanjuti oleh pemeriksaan Inspektorat Minsel.

Masih dari informasi itu, uang sebesar Rp100 juta yang dalam buku pertanggungjawaban menjadi Silpa di Tahun 2018 dan 2019, ternyata tidak pernah sampai ke tangan pengurus BUMDes. Saat dicek fisik uang tersebut, ternyata tidak ada lagi. Inspektorat Minsel pun mengeluarkan rekomendasi agar oknum Kumtua harus mengembalikan uang BUMDes Rp100 juta.

Tidak hanya uang BUMDes yang dipermasalahkan, namun proyek rabat beton jalan Pinosok sebesar Rp163.252.650, juga diduga terjadi penyalahgunaan. Hingga habis masa waktu pelaksanaan proyek dengan volume panjang 312 meter, lebar 3 meter dan tebal 12 cm itu, tidak pernah rampung 100%.

Kegiatan pelaksanaan pembangunan desa, yaitu pembuatan talud dan penimbunan Jalan Lazarus Kimbal sebesar Rp264 juta, juga disorot. Pasalnya, proyek tersebut, juga tidak rampung 100%. Dikabarkan juga, masyarakat sudah melaporkan dugaan korupsi ini ke Inspektorat, dan Inspektorat sudah melaksanakan monitoring serta telah mengeluarkan rekomendasi.

Hukum Tua Desa Malenos Baru, Senny Tutu, ketika dikonfirmasi, enggan memberikan jawaban.

“Sapa tu nama?” jawab Tutu melalui WhatsApp dengan Nomor 08524213××××, Selasa (28/7/2020) malam, kemarin.(rul mantik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed