Sangihe Miliki Alat Deteksi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami

Sangihe427 views

Sangihe, Jurnal6
Kabupaten Kepulauan Sangihe memiliki alat deteksi bahaya tsunami dan gempa bumi. Hal ini dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sangihe Ir Rivo Pudihang.

Dijelaskan Pudihang, bantuan alat yang diterima Pemerintah Kabupaten Sangihe ini, dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat, karena Sangihe sebagai daerah rawan bencana.

“Dengan adanya alat deteksi gempa bumi dan tsunami ini, diharapkan dapat berkontribusi terhadap kesiapan masyarakat mengahadapi bencana dimaksud,” kata Pudihang. 

Lanjutnya, alat deteksi gempa bumi dan tsunami bakal dipasang di Pulau Marore sedangkan alat kontrolnya akan dipasang di Kantor BPBD.  

“Kami bersyukur, BMKG memberikan bantuan kepada Pemkab Sangihe melalui BPBD Sangihe, satu alat deteksi untuk mendapatkan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami. Alat ini akan dipasang di Pulau Marore dan alat kontrolnya akan dipasang kantor BPBD,” bebernya. 
Dia menambahkan, dengan adanya alat ini, otomatis akan terpasang sistem perangkat Warning Receiver System (WRS) atau Sistem Penerima Pesan yang digunakan BMKG Pusat untuk menyebarluaskam peringatan tsunami kepada lembaga perantara. Dan di Sulawesi Utara ada beberapa wilayah salah satunya Kabupaten Sangihe.

“Nantinya dengan alat ini akan memberikan informasi dengan mudah kepada masyarakat, kemungkinan-kemungkinan akan terjadi atau memberikan peringatan dini terhadap gempa dan tsunami. Intinya, memudahkan kita melakukan monitoring terhadap kejadian gempa yang akan mengakibatkan tsunami di daerah kita,” ungkapnya.(Ady)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *